Empat mahasiswa Universitas Nurul Jadid (UNUJA) kembali mengukir prestasi membanggakan di kancah nasional. Mereka berhasil menjadi pemenang dalam Sayembara Nasional Penulisan Artikel Periode II yang diadakan oleh Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan (Abidan).
Ke Empat mahasiswa tersebut adalah Izzatul Munawwaroh, Rizkiyah Hasanah, Febriyanti Ghayatul Qushwa, dan Dinda Febrianti Putri. Mereka merupakan mahasiswa dari Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Karya ilmiah mereka berhasil lolos seleksi ketat dan dinyatakan layak untuk dipublikasikan di Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, sebuah jurnal terkemuka yang menjadi wadah akademisi dalam menyampaikan gagasan inovatif di bidang pendidikan.
Keberhasilan ini mendapat apresiasi tinggi dari Dr. H. Hasan Baharun, M.Pd., yang menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian mahasiswa UNUJA. "Prestasi ini menjadi bukti nyata kualitas pendidikan dan pembinaan yang dilakukan di UNUJA. Terbitnya karya mahasiswa di jurnal nasional tentu menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya dan berkontribusi di bidang akademik," ujarnya.
Sayembara ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Para peserta diminta untuk menyusun artikel ilmiah yang relevan dengan tema pendidikan, dengan penilaian yang berfokus pada kualitas gagasan, originalitas, dan kontribusi akademik. Karya yang diajukan kelima mahasiswa UNUJA berhasil memenuhi kriteria penilaian tersebut. Artikel mereka tidak hanya menawarkan solusi praktis bagi permasalahan pendidikan, tetapi juga mengangkat isu-isu penting yang relevan dengan perkembangan pendidikan di era digital.
Izzatul Munawwaroh, salah satu pemenang, mengungkapkan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari bimbingan intensif yang diberikan dosen-dosen UNUJA. "Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan arahan dari para dosen. Bimbingan tersebut sangat membantu kami untuk menyempurnakan tulisan sehingga layak diterbitkan di jurnal ilmiah," tuturnya.
Sementara itu, Rizkiyah Hasanah menambahkan bahwa proses ini mengajarkan mereka untuk lebih kritis dan teliti dalam menyusun argumen akademik. "Kami belajar banyak tentang pentingnya validitas data dan cara menyajikan gagasan dengan struktur yang baik. Pengalaman ini sangat berharga bagi kami," katanya.
Dr. H. Hasan Baharun juga berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus mengembangkan potensi diri, khususnya dalam bidang penulisan ilmiah. "Saya percaya, UNUJA memiliki banyak mahasiswa berbakat yang mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional. Prestasi ini menjadi bukti bahwa kerja keras dan dedikasi akan selalu membuahkan hasil," jelasnya.
Keberhasilan ini menambah daftar panjang prestasi mahasiswa UNUJA di tingkat nasional. Pencapaian ini juga menjadi indikator kuat bahwa UNUJA terus berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan dunia pendidikan.
Dengan diterbitkannya karya mahasiswa UNUJA di jurnal nasional, diharapkan mereka terus aktif dalam dunia akademik dan penelitian. Langkah ini tidak hanya meningkatkan reputasi universitas, tetapi juga memperluas peluang kolaborasi antara UNUJA dan berbagai institusi pendidikan di Indonesia. "Semoga ini menjadi awal dari lebih banyak prestasi yang akan diraih oleh mahasiswa UNUJA di masa depan," tutup Dr. Hasan Baharun.
Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi UNUJA, tetapi juga memperlihatkan bahwa mahasiswa memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan di dunia pendidikan.