• Beranda
  • Profil Dosen
  • Profil LP3M
    • Tata Kelola
    • Pusat Kajian
    • Layanan Masyarakat
    • Layanan Publikasi Ilmiah
  • Penelitian
    • Laporan
      • Dosen
      • Mahasiswa
      • Kolaborasi
    • Luaran Dosen
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • Prosiding
      • Forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
    • Luaran Mahasiswa
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • Prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
    • Luaran Kolaborasi
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
    • Kerja Sama
  • Pengabdian
    • laporan
      • Dosen
      • Mahasiswa
      • Kolaborasi
    • Luaran Dosen
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
      • Media Massa
      • Produk Terstandarisasi
      • Mitra UMKM
      • Wirausaha
      • Luaran IPTEK
    • Luaran Mahasiswa
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
      • Media Massa
      • Produk Terstandarisasi
      • Mitra UMKM
      • Wirausaha
      • Luaran IPTEK
    • Luaran Kolaborasi
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
      • Media Massa
      • Produk Terstandarisasi
      • Mitra UMKM
      • Wirausaha
      • Luaran IPTEK
    • Kerja Sama
  • Berita
  • Weekly Forum
  • Pengumuman
  • Login

  1. Home
  2. Tata Kelola
Sejarah Kelembagaan Roadmap SPMI SOP Sarana Prasarana
Sejarah LP3M

Sejak bergabungnya tiga perguruan tinggi, yakni Institut Agama Islam Nurul Jadid (IAINJ), Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid (STTNJ), dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKESNJ) melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 589/KPT/1/2017 pada tanggal 27 Oktober 2017, termasuk juga di dalamnya pendirian prodi-prodi baru di bawah Fakultas Sosial dan Humaniora, maka seluruh unit kerja di tiga PT tersebut juga perlu disinkronisasi, termasuk di dalamnya LP3M di masing-masing eks. tiga PT.

LP3M telah memfasilitasi dan mendorong sivitas akademika di lingkungan UNUJA untuk mengadakan penelitian dan pengabdian masyarakat, baik secara berkelompok maupun individu. Fasilitas yang diberikan berupa pelatihan, sosialisasi, informasi serta aktivitas berupa fasilitasi pendanaan internal, pelatihan, klinik dan pendampingan, seminar, monitoring dan evaluasi, penyediaan literatur. LP3M Universitas Nurul Jadid selain menangani penelitian dan pengabdian masyarakat mempunyai tugas dan wewenang dalam pengidentifikasian dan pengajuan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), publikasi dan buku ajar.

Program penelitian dan PKM memiliki sejarah panjang sejak Universitas Nurul Jadid (UNUJA) berdiri akhir tahun 2017. Sejak saat itu, program penelitian dan PKM diintegrasikan dengan KKN mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan. Pertama, penelitian dan PKM menjadi kewajiban tridarma dosen, sementara KKN menjadi kewajiban akademik mahasiswa. Kedua, kebijakan tunjangan penelitian dan PKM bagi dosen tiap bulan sesuai standar pembiayaan UNUJA mengharuskan dosen untuk melaksanakan penelitian dan PKM, sementara tuntutan akreditasi bagi luaran mahasiswa di bidang penelitian dan PKM juga terus meningkat.

Tahun 2018, program riset dan PKM terpisah dari Kuliah Kerja Nyata (KKN). Tahun 2019 dan 2020, hanya program PKM yang terintegrasi dengan KKN. Tahun 2021, KKN terintegrasi dengan penelitian dan pengabdian dosen. Hasil positif dari 4 tahun berjalannya KKN tersebut, yang ditandai antara lain oleh naiknya peringkat UNUJA di bidang penelitian dari Binaan ke Madya, membuat LP3M menindaklanjutinya dengan kebijakan yang lebih strategis pada tahun 2022, yakni mengintegrasikan KKN bukan hanya dengan penelitian dan pengabdian, melainkan juga dengan pengajaran dan pembelajaran. Pada tahun 2023, program penelitian dan PKM secara total benar-benar terintegrasi bukan hanya dengan KKN, melainkan juga dengan pembelajaran (mata kuliah dosen), sehingga pada tahun ini dan seterusnya diharapkan kebijakan penelitian dan PKM menjadi bagian dari dan dihasilkan melalui pembelajaran.

Kebijakan pemerintah tentang KKNI yang di dalamnya memuat anjuran kepada Perguruan Tinggi melaksanakan pembelajaran berbasis Outcome Based Education (OBE) membuat LP3M berinisiatif melaksanakan Program Penelitian dan PKM Berbasis Outcome Based Education. Sebagaimana namanya, Program Penelitian dan PKM Berbasis OBE adalah kegiatan riset dan PKM berbasis luaran yang mengintegrasikan aktivitas penelitian, pengabdian, dan pengajaran dosen dan mahasiswa. Luaran yang dimaksud adalah artikel jurnal penelitian sesuai dengan roadmap atau bidang keilmuan dosen, artikel jurnal pengabdian sesuai dengan roadmap atau bidang keilmuan dosen, buku ajar sesuai RPS mata kuliah, dan prosiding / book chapter mahasiswa sesuai dengan materi buku ajar dosen, serta MoA penelitian dan pengabdian.

Mengacu pada visi UNUJA “Menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Berkeadaban dalam Hilirisasi Inovasi Tridarma Berlandaskan Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid bagi Pembangunan Masyarakat Indonesia dan Dunia”, maka dirumuskanlah visi riset, pengabdian, dan publikasi ilmiah LP3M, yakni:


Visi

Menjadi lembaga terkemuka, profesional, dan akuntabel dalam menyelenggarakan penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah yang berlandaskan pada Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan dunia

Misi
  • Menyelenggarakan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif, bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global berlandaskan Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid.
  • Meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia dalam bidang riset dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan dunia.
  • Mengelola riset dan pengabdian kepada masyarakat dengan tata kelola unggul melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan berkontribusi bagi pembangunan masyarakat.
Pendirian

Secara kelembagaan, Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid didirikan pada 2 Januari 2018 melalui SK Rektor Nomor NJ-T06/0182/SK/01.2018.


Struktur Organisasi

Rektor: KH. Abd. Hamid Wahid, M.Ag.

Wakil Rektor III: M. Noer Fadli Hidayat, M.Kom.

Kepala LP3M: Dr. Achmad Fawaid, M.A., M.A.

Kabag. Penerbitan: Ismail Marzuki, M.H.

Kabag. Penelitian: Moh. Ainol Yaqin, M.Kom.

Kabag. Pengabdian kepada Masyarakat: Ahmad Zubaidi, M.Pd.I.

Staf Administrasi: Yahya Auliya' Abdillah, S.Kom.


Kepala LP3M
  • Menyusun rencana strategis penerbitan, publikasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan rencara strategis UNUJA
  • Menyusun rencana kerja dan anggaran tahunan LP3M
  • Memonitor dan mengevaluasi kebijakan bidang penerbitan publikasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  • Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan penerbitan, publikasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  • Mengkoordinasi relevansi program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan kebutuhan masyarakat dan DU/DI
  • Meningkatkan capaian luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk publikasi nasional/internasional bereputasi, kekayaan intelektual, serta produk dasar dan terapan
  • Mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta berkontribusi dalam pembangunan masyarakat indonesia dan dunia
  • Melakukan kerja sama di bidang penerbitan, publikasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan perguruan tinggi dan/atau institusi lain, baik di dalam negeri maupun di luar negeri
  • Melakukan koordinasi dengan unit pelaksana dan penunjang kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bersinergi
  • Melakukan koordinasi dengan LP2M dalam proses monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penerbitan, publikasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; dan Mengkoordinasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
  • Mengelola administrasi, data dan sistem informasi LP3M.
  • Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas LP3M kepada Rektor melalui Wakil Rektor III.

Kabag. Penelitian
  • Membantu penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan LP3M
  • Merencanakan dan mengarahkan integrasi penelitian dengan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat
  • Merencanakan dan mengarahkan integrasi pemanfaatan hasil penelitian kepada masyarakat, lembaga pemerintah dan DU/DI
  • Mengoordinasi kegiatan penelitian untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta berkontribusi dalam pembangunan masyarakat indonesia dan dunia
  • Mengoordinasi laboratorium riset untuk mendukung riset terpadu dan interdisiplin
  • Mengoordinasi penyusunan roadmap penelitian Fakultas dan Program Studi
  • Melaksanakan kerja sama di bidang penelitian dengan perguruan tinggi dan/atau institusi lain baik di dalam negeri maupun di luar negeri
  • Mengelola dan mengoordinasi proses pengusulan pendanaan/hibah penelitian lembaga dalam negeri maupun luar negeri
  • Melaksanakan peningkatan kualifikasi peneliti menjadi peneliti level internasional
  • Melaksanaan penilaian dan konsolidasi pusat-pusat penelitian/pusat studi yang dikelola untuk peningkatan relevansi, keberlangsungan, efisiensi, dan akuntabilitas
  • Mengoordinasi pelaksanaan evaluasi mutu layanan dan sarana prasarana penelitian
  • Mengoptimalisasi standar operasional prosedur di lingkungan LP3M khusus bidang penelitian
  • Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan penelitian kepada Kepala LP3M.

Kabag. Pengabdian kepada Masyarakat
  • Membantu penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan LP3M
  • Merencanakan dan mengarahkan integrasi pengabdian kepada masyarakat dengan pendidikan dan penelitian
  • Merencanakan dan mengarahkan integrasi pemanfaatan hasil pengabdian kepada masyarakat kepada masyarakat atau lembaga pemerintah
  • Mengoordinasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta berkontribusi dalam pembangunan masyarakat indonesia dan dunia
  • Mengoordinasi pelaksanaan pengabdian masyarakat terpadu dan interdisiplin
  • Mengoordinasi penyusunan roadmap pengabdian kepada masyarakat Fakultas dan Program Studi
  • Melaksanakan kerja sama di bidang pengabdian kepada masyarakat dengan perguruan tinggi dan/atau institusi lain baik di dalam negeri maupun di luar negeri
  • Mengelola dan mengoordinasi proses pengusulan pendanaan/hibah pengabdian kepada masyarakat lembaga dalam negeri maupun luar negeri
  • Melaksanaan penilaian kegiatan pengabdian masyarakat yang dikelola untuk peningkatan relevansi, keberlangsungan, efisiensi, dan akuntabilitas
  • Mengoordinasi pelaksanaan evaluasi mutu layanan dan sarana prasarana pengabdian kepada masyarakat
  • Mengoptimalisasi standar operasional prosedur di lingkungan LP3M khusus bidang pengabdian kepada masyarakat
  • Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat kepada Kepala LP3M.

Kabag. Penerbitan dan Publikasi
  • Menyusun petunjuk pelaksanaan pengelolaan penerbitan dan publikasi jurnal ilmiah dan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan UNUJA
  • Mengoordinasi kegiatan penerbitan karya ilmiah bagi dosen dan mahasiswa
  • Mengembangkan badan penerbit dan publikasi menjadi penerbit akademik (academic publisher) yang diakui secara nasional dan internasional
  • Mengembangkan badan penerbit dan publikasi selain menjadi unit yang dapat mendukung pencetakan produk publikasi Tridharma UNUJA, juga menjadi unit layanan penerbitan dan percetakan bagi masyarakat
  • Mendorong dan membina penerbitan jurnal ilmiah di lingkungan UNUJA untuk dapat menjadi jurnal bertaraf internasional dan terindeks secara internasional
  • Berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam menghasilkan materi publikasi yang berkualitas, terutama dari para peneliti/dosen dan mahasiswa
  • Mengoordinasikan pengelolaan Pustaka Nurja; serta Melakukan kerja sama di bidang penerbitan dan publikasi
  • Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan peneritan dan publikasi kepada Kepala LP3M.

Staff Administrasi
  • Membantu proses administrasi, surat menyurat, korespodensi di sektor internal UNUJA
  • Melakukan rekapitulasi keuangan di LP3M UNUJA
  • Melakukan arsip administrasi yang dikelola oleh LP3M UNUJA.
Roadmap Penelitian

Prioritas riset yang masuk dalam Rencana Strategis Penelitian dan ditetapkan melalui SK Rektor Nomor NJ-T06/01132/SK/03.2018 merupakan bagian dari kebijakan riset UNUJA yang ditujukan untuk memberi arah penelitian-penelitian yang akan berdampak pada pembentukan dan pembangunan UNUJA dalam kerangka kebangsaan, kepesantrenan, dan keislaman sebagai “Smart Campus, Smart Living”. Riset institusi UNUJA diprioritaskan pada riset-riset yang berpihak pada:

  • Kemandirian teknologi
  • Kesehatan publik
  • Kajian keislaman dan keaswajaan
  • Pemberdayaan kawasan pesisir

Roadmap PKM

Prioritas PkM yang masuk dalam Rencana Strategis PKM dan ditetapkan melalui SK Rektor Nomor NJ- T06/0209/SK/01.2018 merupakan bagian dari kebijakan PkM UNUJA yang ditujukan untuk memberi arah pengabdian kepada masyarakat yang akan berdampak pada pembentukan dan pembangunan UNUJA dalam kerangka kebangsaan, kepesantrenan, dan keislaman. PkM UNUJA diprioritaskan pada riset-riset yang berpihak pada:

  • Desa dan Pesantren Mitra
  • Lingkungan Kampus
  • Masyarakat Pesisir
  • Kewirausahaan
  • Pemanfaatan Hasil Riset
Standar Penelitian & PKM
  • Standar Hasil Penelitian. Download
  • Standar Isi Penelitian Download
  • Standar Proses Penelitian. Download
  • Standar Penilaian Penelitian. Download
  • Standar Peneliti. Download
  • Standar Sarana dan Prasarana Penelitian. Download
  • Standar Pengelolaan Penelitian. Download
  • Standar Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian. Download

Standar PKM
  • Standar Hasil PKM. Download
  • Standar Isi PKM Download
  • Standar Proses PKM. Download
  • Standar Penilaian PKM. Download
  • Standar Peneliti. Download
  • Standar Sarana dan Prasarana PKM. Download
  • Standar Pengelolaan PKM. Download
  • Standar Pendanaan dan Pembiayaan PKM. Download
SOP Penelitian
  • SOP Penjamin Mutu dan SDM Penelitian. Download
  • SOP Rektrutmen Penilai Internal Penelitian. Download
  • SOP Desk Evaluasi Proposal Penelitian. Download
  • SOP Seminar Pembahasan Proposal Penelitian. Download
  • SOP Penetapan Pemenang Penelitian. Download
  • SOP Kontrak Penelitian. Download
  • SOP Monitoring dan Evaluasi Internal Penelitian. Download
  • SOP Seminar Hasil Penelitian Internal. Download
  • SOP Pelaporan Hasil Penelitian. Download
  • SOP Tindak Lanjut Hasil Penelitian. Download
  • SOP Kegiatan Pelatihan Penelitian. Download
  • SOP Sistem Penghargaan Penelitian. Download
  • SOP Pelibatan Mahasiswa dalam Penelitian. Download

SOP PKM
  • SOP Kegiatan Pelatihan atau Klinik Proposal PKM. Download
  • SOP Prosedur Rekrutmen Reviewer Internal PKM. Download
  • SOP Prosedur Evaluasi Proposal PKM. Download
  • SOP Prosedur Seminar Pembahasan Proposal PKM. Download
  • SOP Prosedur Penetapan Pemenang PKM Download
  • SOP Proses Kontrak Pelaksanaan PKM. Download
  • SOP Proses Monitoring dan Evaluasi Internal PKM. Download
  • SOP Proses Pelaporan Hasil PKM. Download
  • SOP Kegiatan Seminar Pameran PKM. Download
  • SOP Proses Penjaminan Mutu. Download
  • SOP Tindak Lanjut Hasil PKM. Download
  • SOP Sistem Penghargaan PKM. Download
  • SOP Pelibatan Mahasiswa dalam PKM. Download
Sarana Penelitian dan PKM
  • Layanan publikasi ilmiah. Layanan publikasi ilmiah mencakup antara lain: Layanan Similaritas, Layanan ISBN, Layanan ISSN, Layanan HAKI, Layanan Ethical Clearance, Manajemen OJS, Sitasi Mendeley, Sitasi Zotero, Akun Google Scholar, Akun SINTA, Akun RISBANG, Akun SISTER, Akun GARUDA, Akun PUBLONS, dan Akun ORCID. Seluruh layanan ini berfungsi untuk akselerasi luaran penelitian dan PKM di UNUJA. Seluruh panduan dan SOP layanan publikasi ini dapat diakses pada laman berikut: Panduan SOP
  • Pustaka Nurja. Pustaka Nurja didirikan pada tahun 2018 dengan SK Rektor Nomor NJ-T06/0250/SK/02.2018. Termasuk anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dengan SK Nomor No. 214/Anggota Luar Biasa/JTI/2019. Telah menerbitkan lebih dari 300 buku dari berbagai genre, mulai dari genre ilmiah hingga fiksi, untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan. Dapat diakses pada situs resmi https://pustakanurja.unuja.ac.id/
  • Sentra HKI. Sentra HKI LP3M didirikan pada tahun 2018 dengan SK Rektor Nomor NJ-T06/0305/SK/04.2018 . Telah berhasil mendaftarkan lebih dari 450 HAKI, baik penelitian maupun PKM, dan 1 Merek Dagang. HAKI penelitian dosen: HAKI penelitian dosen. HAKI penelitian mahasiswa: HAKI penelitian mahasiswa HAKI penelitian kolaborasi: HAKI penelitian kolaborasi. HAKI pengabdian dosen: HAKI pengabdian dosen. HAKI pengabdian mahasiswa: HAKI pengabdian mahasiswa. HAKI pengabdian kolaborasi: HAKI pengabdian kolaborasi
  • E-Risbang Penelitian & PKM. Sistem Informasi Manajamen (SIM) Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dapat diakses di Sistem Informasi Manajamen. Seluruh manajemen penelitian dan PKM dikelola secara penuh di SIM ini, mulai dari SDM, pengajuan proposal, review, laporan kemajuan, logbook, pelaporan akhir, hingga luaran. SIM ini juga menjadi database seluruh penelitian dan PKM. Adapun akses publik untuk database penelitian, PKM, dan publikasi dapat dilihat pada website LP3M: Website LP3M
  • Direktori Jurnal Internasional. Untuk memenuhi kebutuhan penelitian dan PKM, civitas akademika telah didorong untuk memiliki akun e-Resources. di Perpunas RI E-Resources menyimpan berbagai bahan perpustakaan digital online, seperti jurnal , ebook, dan karya-karya referensi online lainnya. Setiap anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dan telah memiliki nomor anggota yang sah, berhak memanfaatkan layanan koleksi digital online yang kami langgan (e-Resources).
  • Rumah Jurnal UNUJA. Rumah Jurnal UNUJA merupakan wadah publikasi jurnal dan prosiding yang dikelola oleh unit kerja di UNUJA. Sejauh ini, satu jurnal terindeks Sinta 2, dua jurnal terindeks Sinta 3, tiga jurnal terindeks Sinta 4, dua jurnal terindeks Sinta 5, satu jurnal terindeks Sinta 6, dan 2 jurnal terindeks DOAJ. Selain itu, ada 2 prosiding seminar nasional dan internasional, serta 6 jurnal nasional ISSN. Informasi lengkap mengenai jurnal dan prosiding ini dapat diakses di E-Journal Unuja.

Prasarana Penelitian dan PKM
  • Ruang Kantor. Ruang full AC 8 x 7 m. Terdiri 4 unit komputer, 4 unit komputer, 1 laptop, 1 almar tralis, 2 printer, 1 scanner, 4 meja dan 4 kursi, 1 unit sofa tamu, 1 meja tamu, koran Jawa Pos, Majalah Alfikr, 1 unit rak buku, 60 figura buku, 1 handycam. Gambaran mengenai ruang kantor dapat diakses dalam link berikut ini. Tautan Akses
  • Perpustakaan. Ruangan full AC dengan ukuran 288 m2, mengoleksi lebih dari 6.000 pustaka untuk semua disiplin pengetahuan. Informasi seputar perpustakaan dapat diakses pada laman perpustakaan. Perpustakaan juga memberikan layanan e-book atau digital library untuk jenis buku, jurnal, maupun publikasi lain pada laman e-book. Adapun akses terhadap laporan penelitian civitas akademika UNUJA yang belum dipublikasikan dapat diakses pada laman repository
  • Unuja Store. UNUJA Store adalah Portal e-Commerce UNUJA yang menampilkan produk-produk penelitian, PKM, publikasi, dan inovasi dari keluarga besar Civitas Akademika dan Alumni Universitas Nurul Jadid. Beberapa produk yang dikomersialisasikan di UNUJA Store meliputi: Produk Inovasi (pangan, kesehatan, teknologi informasi, dan pendidikan), Buku (agama, sosial-humaniora, teknologi, dan kesehatan), Produk Kesehatan (obat herbal, alat kesehatan, perawatan), Layanan Teknologi Informasi (elektronifikasi, software egineering), Jasa Konsultasi, Produk Umum (handmade, alat tulis, elektronik, events, souvenir), Unuja Store dapat dikunjungi secara daring di Unuja Store
  • Lembaga Mitra. Lembaga Mitra Lembaga mitra mencakup pesantren, institusi pemerintah, industri, maupun instansi lain, baik di dalam maupun di luar negeri. Kerja sama penelitian dari tahun 2018 sampai tahun 2022 mencapai 18 kerja sama. Sementara itu, kerja sama pengabdian kepada masyarakat dari tahun 2018 sampai 2022 juga mencapai 18 kerja sama. Kerja sama ini dijalin, baik oleh universitas, fakultas, pascasarjana, lembaga/unit kerja, maupun oleh Prodi.
  • Pusat Kajian. Pusat kajian merupakan prasarana penelitian dan PKM yang berfungsi sebagai pusat riset, PKM, dan publikasi terkait tema-tema tertentu yang menjadi fokus UNUJA. Didirikan pada tahun 2021 dengan SK Rektor Nomor NJ-T06/0372/SK/03.2021. Pusat Kajian ini mencakup pusat Khazanah Nurul Jadid, pusat Kurikulum Pesantren, pusat Teknologi Tepat Guna, pusat Kesehatan Publik, pusat Pedesaan & Agrikultur, dan pusat Pariwisata & Ekonomi Kreatif. Beberapa pusat tersebut dapat dikases di laman Pusat Kajian.
  • Laboratorium. Laboratorium Riset dan PKM di UNUJA dinamakan Lab Based Education (LBE). Didirikan dengan SK Rektor Nomor NJ-T06/1239/SK.2019 tentang Pedoman Laboratory Based Education. Beberapa LBE antara lain: Laboratorium Bahasa (memberi layanan penerjemahan, dan membina kemampuan bahasa Inggris civitas akademika UNUJA), TOEFL Center (memberikan sertifikasi resmi bagi civitas akademika untuk keperluan akademik di bidnag bahasa Inggris), Laboratorium Broadcasting & UNUJA News (merilis berita terkait penelitian dan PKM di dalam maupun di luar kampus), Laboratorium Perbankan (berfungsi sebagai pusat kegiatan riset tentang perbankan), Laboratorium Kebidanan (berfungsi sebagai pusat kegiatan riset tentang ibu dan anak), Laboratorium Keperawatan (berfungsi sebagai pusat kegiatan riset tentang health care), LBE Mobile Computing dan Web Programming (berfungsi sebagai pusat kegiatan riset tentang artificial intelligence), LBE Smart Computing and Game Programming (berfungsi sebagai pusat kegiatan riset tentang perancangan game dan citra), Laboratorium Jaringan (berfungsi sebagai pusat kegiatan riset tentang networking), Laboratorium Multimedia (berfungsi sebagai pusat kegiatan riset tentang multimedia), Laboratorium Elektro (berfungsi sebagai pusat kegiatan riset tentang elektronik dan robotika).
  • Inkubator Bisnis. Didirikan pada tahun 2020 dengan SK Rektor Nomor NJ-T06/00605/SK/02.2020. Berfungsi sebagai wadah pembinaan bagi Usaha Kecil dan/atau pengembangan produk baru dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha, dan dukungan manajemen serta teknologi. Dikoordinasi oleh unit kerja LPPK UNUJA dengan beberapa devisi, seperti Devisi Pelatihan dan Pengembangan Bisnis, Devisi Legalitas Usaha, HAKI, dan Paten, Devisi Kerja Sama dan Konten Kreatif, Devisi Keuangan, Hukum, dan Perpajakan, Devisi Pengembangan Teknologi dan Kesehatan, Devisi SDM, Tenant, dan Pendamping.

    Sarana Prasarana Lainnya
  • Sarana prasarana yang disediakan antara lain berbagai pendampingan dan pelatihan artikel jurnal, pelatihan penulisan buku ajar, pelatihan penulisan paper prosiding, pelatihan penyusunan dokumen kerja sama, serta insentif dari tiga sumber (pagu KKN, pagu fakultas, dan tunjangan gaji). Seluruh pelatihan dan pendampingan direkam dalam laman Youtube resmi LP3M Youtube LP3M Dengan sistem informasi terbaru,E-Risbang program penelitian dan PKM ini bukan hanya dapat membantu mempermudah ketercapaian luaran penelitian, pengabdian, dan pengajaran hasil kolaborasi dosen-mahasiswa sesuai dengan SN Dikti, Roadmap penelitian dan pengabdian, serta bidang keilmuan dosen yang bersangkutan, melainkan juga dapat merekam seluruh jejak manajemen PPEPP penelitian dan pengabdian dosen-mahasiswa di UNUJA. Hilirisasi dari semua prioritas tersebut adalah meningkatnya jumlah publikasi ilmiah, baik dalam bentuk jurnal, buku ajar, HaKI, Paten, TTG, forum ilmiah, yang nantinya akan turut meningkatkan aspek kebermanfaatannya bagi masyarakat luas.
Berita Terkini
UNUJA Gelar Bimtek Penulisan Proposal PPK Ormawa 2025: Wujudkan Pengabdian Mahasiswa Bernilai Kompetitif Nasional
May 04, 2025
LP3M UNUJA dan Diskominfo Resmikan Kerja Sama Strategis Aplikasi Command Center ‘Mata Prabulinggih’
April 29, 2025
Dorong Reputasi Global, UNUJA Bidik Akreditasi Internasional Jurnal
April 19, 2025
Weekly Forum
PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL BEREPUTASI INTERNASIONAL 2
September 04, 2024
PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL BEREPUTASI INTERNASIONAL
September 04, 2024
PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL TERINDEKS SCOPUS
January 11, 2025
Media Sosial


LP3M merupakan unsur pelaksana akademik yang bertugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah, serta ikut membangun kompetensi sumber daya manusia yang diperlukan.

Share:
Layanan Penting
  • > E-Risbang
  • > E-Journal
  • > Pustaka Nurja
  • > Unuja Store
Tautan Eksternal
  • > Litapdimas Kemenag
  • > Bima Kemendikbud
  • > Arjuna Kemendikbud
  • > Sinta Kemendikbud
Tautan Internal
  • > UNUJA
  • > Pascasarjana
  • > Fakultas Agama Islam
  • > Fakultas Teknik
  • > Fakultas Soshum
  • > Fakultas Kesehatan
Alamat
  • > +62 823-1800-7953
  • > lp3m@unuja.ac.id
  • > Gedung Rektorat Lt. 2 Universitas Nurul Jadid, Karanganyar Paiton Probolinggo 67291

© 2021 Edumel All rights reserved by Dreambuzz

  • Terms of Service
  • Join Us
  • Privacy Policy