Tentang LP3M

Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) adalah unit kerja yang mengelola penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah di Universitas Nurul Jadid (UNUJA).  LP3M adalah unsur pelaksana akademik yang mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah, serta ikut membangun kompetensi sumber daya manusia yang diperlukan.

Mengacu pada visi UNUJA untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul, inovatif, dan berkeadaban berdasarkan Trilogi dan Pancakesadaran Santri, maka dirumuskanlah visi riset, pengabdian, dan publikasi ilmiah LP3M, yakni:

“Menjadi lembaga terkemuka, profesional, dan akuntabel dalam menyelenggarakan penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah yang berlandaskan pada Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid, berjiwa kewirausahaan dan berwawasan keindonesiaan.”

Adapun misi LP3M UNUJA adalah:

“Meningkatkan kapasitas kelembagaan pengabdian kepada masyarakat, mempersiapkan civitas akademika yang unggul dalam bidang PkM, mengembangkan program riset yang berbasis pada trilogi dan pancakesadaran, serta melaksanakan kerjasama PkM secara luas untuk menciptakan masyarakat yang berkeadaban.”

Sejak bergabungnya tiga perguruan tinggi, yakni Institut Agama Islam Nurul Jadid (IAINJ), Sekolah Tinggi  Teknologi Nurul Jadid (STTNJ), dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKESNJ) melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 589/KPT/1/2017 pada tanggal 27 Oktober 2017, termasuk juga di dalamnya pendirian prodi-prodi baru di bawah Fakultas Sosial dan Humaniora, maka seluruh unit kerja di tiga PT tersebut juga perlu disinkronisasi, termasuk di dalamnya LP3M di masing-masing eks. tiga PT.

LP3M telah memfasilitasi dan mendorong sivitas akademika di lingkungan UNUJA  untuk mengadakan penelitian dan pengabdian masyarakat, baik secara berkelompok maupun individu. Fasilitas yang diberikan berupa pelatihan, sosialisasi, informasi serta aktivitas berupa fasilitasi pendanaan internal, pelatihan, klinik dan pendampingan, seminar, monitoring dan evaluasi, penyediaan literatur dll. LP3M Universitas Nurul Jadid selain menangani penelitian dan pengabdian masyarakat mempunyai tugas dan wewenang dalam pengidentifikasian dan pengajuan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), publikasi dan buku ajar.

LP3M Universitas Nurul Jadid memiliki wewenang dan tanggung jawab, antara lain:

  1. Sebagai lembaga yang mengkoordinasikan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang sains dan teknologi yang dilaksanakan oleh sivitas akademika.
  2. Sebagai lembaga yang mengkoordinasikan diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang sains dan teknologi kepada masyarakat.
  3. Sebagai lembaga yang bertugas mengembangkan kapasitas dan potensi penelitian di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Jadid untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Sebagai lembaga yang bertugas mengidentifikasi dan mengajukan HAKI.
  5. Sebagai lembaga yang bertugas dalam mempublikasikan hasil – hasil penelitian dalam bentuk seminar, diskusi, jurnal dan poster serta pembuatan buku ajar.

Prioritas riset yang ditetapkan melalui Hasil Keputusan Rapat No. T06/0034/LP3M/11.2017 merupakan bagian dari kebijakan riset UNUJA yang ditujukan untuk memberi arah penelitian-penelitian yang akan berdampak pada pembentukan dan pembangunan UNUJA dalam kerangka kebangsaan, kepesantrenan, dan keislaman sebagai “Smart Campus, Smart Living”. Riset institusi UNUJA diprioritaskan pada riset-riset yang berpihak pada:

  1. Kemandirian teknologi
  2. Kesehatan publik
  3. Kajian keislaman dan keaswajaan

Sementara itu, prioritas PkM yang ditetapkan melalui Hasil Keputusan Rapat No. T06/0041/LP3M/11.2017 merupakan bagian dari kebijakan PkM UNUJA yang ditujukan untuk memberi arah pengabdian kepada masyarakat yang akan berdampak pada pembentukan dan pembangunan UNUJA dalam kerangka kebangsaan, kepesantrenan, dan keislaman. PkM UNUJA diprioritaskan pada riset-riset yang berpihak pada:

  1. Desa dan Pesantren Mitra
  2. Lingkungan Kampus
  3. Masyarakat Pesisir
  4. Kewirausahaan
  5. Pemanfaatan Hasil Riset
  6. Pemberdayaan Sosial Humaniora Masyarakat

Hilirisasi dari semua prioritas tersebut adalah meningkatnya jumlah publikasi ilmiah, baik dalam bentuk jurnal, buku ajar, HaKI, Paten, TGT, forum ilmiah, yang nantinya akan turut meningkatkan aspek kebermanfaatannya bagi masyarakat luas.

Sidebar Menu