• Beranda
  • Profil Dosen
  • Profil LP3M
    • Tata Kelola
    • Pusat Kajian
    • Layanan Masyarakat
    • Layanan Publikasi Ilmiah
  • Penelitian
    • Laporan
      • Dosen
      • Mahasiswa
      • Kolaborasi
    • Luaran Dosen
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • Prosiding
      • Forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
    • Luaran Mahasiswa
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • Prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
    • Luaran Kolaborasi
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
    • Kerja Sama
  • Pengabdian
    • laporan
      • Dosen
      • Mahasiswa
      • Kolaborasi
    • Luaran Dosen
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
      • Media Massa
      • Produk Terstandarisasi
      • Mitra UMKM
      • Wirausaha
      • Luaran IPTEK
    • Luaran Mahasiswa
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
      • Media Massa
      • Produk Terstandarisasi
      • Mitra UMKM
      • Wirausaha
      • Luaran IPTEK
    • Luaran Kolaborasi
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
      • Media Massa
      • Produk Terstandarisasi
      • Mitra UMKM
      • Wirausaha
      • Luaran IPTEK
    • Kerja Sama
  • Berita
  • Weekly Forum
  • Pengumuman
  • Login

NoNamaJudulPendanaanTahunDetail
1 FERISKA LISTRIANTI MPd Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Literasi Dan Numerisasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Azzainiyah Ii Mandiri PT 2023
Detail Penelitian Kolaborasi
  • Judul
  • Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Literasi Dan Numerisasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Azzainiyah Ii
  • Sumber dana
  • Mandiri PT
  • Dana
  • 0
  • Ketua Peneliti
  • FERISKA LISTRIANTI MPd
  • Keterangan
  • luar
  • Anggota Peneliti
  • MEYLAN PAPUTUNGAN
  • RIFQOTUL AMANATIL QOWIYAH
  • RIZKA NUR AZIZAH
  • HANIFA HADI KUSUMA WARDANI
  • Abstrak
2 Faizatul Widat, M.Pd. Akselerasi Mutu Pendidikan Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas Iii Pada Materi Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mi Az-Zainiyah Ii Desa Grinting Mandiri PT 2023
Detail Penelitian Kolaborasi
  • Judul
  • Akselerasi Mutu Pendidikan Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas Iii Pada Materi Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mi Az-Zainiyah Ii Desa Grinting
  • Sumber dana
  • Mandiri PT
  • Dana
  • 0
  • Ketua Peneliti
  • Faizatul Widat, M.Pd.
  • Keterangan
  • luar
  • Anggota Peneliti
  • UMMI HANI'
  • WIDIYAWATI
  • KARINA NURIA RAHMAN
  • SYAVI'ATUR ROSI
  • ARINI IZZATIN NABILA
  • USWATUN HASANAH
  • SITI MAISAROH AGUSTIN
  • LATIFATUN NISA
  • Abstrak
3 MUHAMMAD MUSHFI EL IQ BALI Pendidikan Literasi Dan Numerasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Mandiri PT 2023
Detail Penelitian Kolaborasi
  • Judul
  • Pendidikan Literasi Dan Numerasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah
  • Sumber dana
  • Mandiri PT
  • Dana
  • 0
  • Ketua Peneliti
  • MUHAMMAD MUSHFI EL IQ BALI
  • Keterangan
  • luar
  • Anggota Peneliti
  • ANING SUCI WULANDARI
  • NUR SOFIA SALSABILA
  • SITI ROSYIDATUL HASANAH
  • UUN AYU FARADINA
  • SITI FATIMATUZ ZAHROH
  • SULISTIAWATI
  • UUN AYU FARADINI
  • Abstrak
4 FERISKA LISTRIANTI MPd Penerapan Model Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Mi Tarbiyatul Islam Mandiri PT 2022
Detail Penelitian Kolaborasi
  • Judul
  • Penerapan Model Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Mi Tarbiyatul Islam
  • Sumber dana
  • Mandiri PT
  • Dana
  • 5000000
  • Ketua Peneliti
  • FERISKA LISTRIANTI MPd
  • Keterangan
  • luar
  • Anggota Peneliti
  • RIZKI SANDI KURNIAWAN
  • M. ALFIN FAUZI
  • SELVI IKA DAMAYANTI
  • SULIS FATMAWATI
  • RATNA SARI
  • Abstrak
5 Faizatul Widat, M.Pd. Metode Course Review Horay (Crh) Meningkatkan Semangat Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 3 Mi Azzainiyah 2 Gerinting Paiton Probolinggo Mandiri PT 2022
Detail Penelitian Kolaborasi
  • Judul
  • Metode Course Review Horay (Crh) Meningkatkan Semangat Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 3 Mi Azzainiyah 2 Gerinting Paiton Probolinggo
  • Sumber dana
  • Mandiri PT
  • Dana
  • 5000000
  • Ketua Peneliti
  • Faizatul Widat, M.Pd.
  • Keterangan
  • luar
  • Anggota Peneliti
  • SUTIAWATI NINGSIH
  • MARDIYA
  • KHOIRUN NISA'
  • QURROTUL AINI
  • MUSLIMATUT TOYYIBAH
  • TARTILA
  • SITI ROMLAH
  • Abstrak
6 MUHAMMAD MUSHFI EL IQ BALI Analisis Strategi Marketing Brambang Chips Berbasis Media Sosial Sebagai Potensi Utama Masyarakat Mandiri PT 2022
Detail Penelitian Kolaborasi
  • Judul
  • Analisis Strategi Marketing Brambang Chips Berbasis Media Sosial Sebagai Potensi Utama Masyarakat
  • Sumber dana
  • Mandiri PT
  • Dana
  • 5000000
  • Ketua Peneliti
  • MUHAMMAD MUSHFI EL IQ BALI
  • Keterangan
  • luar
  • Anggota Peneliti
  • NUR HAYATI
  • NADIFATUL MUKARROMAH
  • INDAH ZAHROTUL AWLIYA'
  • SITI NURHALISAH
  • MILA DIANA
  • AGUSTINA DEWI
  • Abstrak
7 Dr. ZAKIYAH BZ, M.Pd.I Aktivisme Digital: Efek Covid-19 Dalam Pembelajaran Kampus Mandiri PT 2021
Detail Penelitian Kolaborasi
  • Judul
  • Aktivisme Digital: Efek Covid-19 Dalam Pembelajaran Kampus
  • Sumber dana
  • Mandiri PT
  • Dana
  • 6.800.000
  • Ketua Peneliti
  • Dr. ZAKIYAH BZ, M.Pd.I
  • Keterangan
  • pesantren
  • Anggota Peneliti
  • MOCH. FACHRI, M.Si.
  • ROFIATUL MUNAWAROH
  • ADILATUL HIMMAH FIQIYADATIL UMMAH
  • Abstrak
  • Penggunaan internet adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Sebagian besar dari kita menghabiskansebagian besar penggunaan kuota pada aplikasi media sosial, sepertiFacebook, Twitter, Instagram, dan YouTube sebagai media sosialsaluran . Covid-19 telah menjembatani peningkatan pesat penggunaan media sosialmedia/internet, adanya sistem pembelajaran jarak jauh (online)membuktikan bahwa pandemi ini berfokus pada pergeseran pembelajaran darikonvensional ke jarak jauh atau online (dalam jaringan). tulisannyaMetode penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Diskusi 1. Aktivisme Digital Era Covid-19 2. Dampak Covid-19 terhadapSistem Pembelajaran 3. Efek Kesehatan dari Pembelajaran Jarak Jauh atau OnlineModel (dalam jaringan). Kesimpulan: Penyebaran COVID-19 di Indonesia diawal Maret 2020. Penyebaran virus ini menimbulkan kerugian bagi banyak pihak negara, khususnya dalam bidang ekonomi. Di bidang pendidikan, COVID-19 juga mengubah model pembelajaran secara drastis; semua belajar kegiatan dilakukan secara online mulai dari sekolah dasartingkat ke tingkat universitas. Efek kesehatan perlu dipertimbangkan dalamhadir, sehingga diharapkan setiap pelaku sosial memahami danmengatasi efek penggunaan media dalam pembelajaran jarak jauh.
8 Dr. ZAKIYAH BZ, M.Pd.I Inklusivitas Dan Responsivitas Pesantren Dalam Penanganan Pandemi Covid 19: Telaah Hidden Curriculum Pembelajaran Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Mandiri PT 2021
Detail Penelitian Kolaborasi
  • Judul
  • Inklusivitas Dan Responsivitas Pesantren Dalam Penanganan Pandemi Covid 19: Telaah Hidden Curriculum Pembelajaran Di Pondok Pesantren Nurul Jadid
  • Sumber dana
  • Mandiri PT
  • Dana
  • Ketua Peneliti
  • Dr. ZAKIYAH BZ, M.Pd.I
  • Keterangan
  • pesantren
  • Anggota Peneliti
  • NAFISATUR RAHMAH
  • Abstrak
  • Tulisan ini menjelaskan inklusivitas dan responsivitas Pesantren Nurul Jadid dalam penanganan Pandemi Covid-19 melalui penerapan hidden curriculum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan fenomenologis. Data primer dalam riset ini adalah pelaksanaan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam menangani Pandemi Covid-19 di Pesantren Nurul Jadid selama Pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesantren Nurul Jadid telah melaksanakan serangkaian nilai, perspektif, dan fungsi tak terlihatnya (hidden curriculum) dalam proses pembelajaran formal dan nonformal, dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dibentuknya Satuan Tugas Covid-19 yang secara khusus bertugas menyusun metode dan strategi penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Pesantren Nurul Jadid. Selain itu, pesantren ini juga membangun kerjasama dengan beberapa elemen pemerintah, baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat, untuk mendukung terbentuknya kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan di berbagai aspek kehidupan pesantren. Hal ini menjukkan bahwa Pesantren Nurul Jadid mampu bersikap terbuka (inklusif) dan tanggap (responsif) dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
9 FERISKA LISTRIANTI MPd Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Dengan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun'im Paiton Probolinggo Mandiri PT 2021
Detail Penelitian Kolaborasi
  • Judul
  • Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Dengan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun'im Paiton Probolinggo
  • Sumber dana
  • Mandiri PT
  • Dana
  • 6.800.000
  • Ketua Peneliti
  • FERISKA LISTRIANTI MPd
  • Keterangan
  • luar
  • Anggota Peneliti
  • LAILATUL MUNAWWAROH
  • SAYYIDATUL ARIFA
  • Abstrak
  • Pembelajaran daring menjadi pembelajaran alternatif ditengah Pandemi pada anak Sekolah Dasar untuk mata pelajaran IPS. Situasi ini membuat sebagian siswa merasa jenuh dikarenakan metode pembelajarannya monoton melalui metode ceramah dan beban tugas. Gurudituntut untuk dapat menguasai berbagaimacam platformpembelajaranyangtelah disediakandengan kapasitas untuk meningkatkan motivasi belajar dari siswa. Penelitian ini bertujuan mengkoneksikan pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelas VI MI Nurul Mun'im. Metode yang digunakan adalah teknik analisis dataset pre eksperimen dengan menggunakan desain intact grup comperision. Data diambil pada kelas VI berjumlah 28 peserta didik dibagi 2 kelas yaitu kelas VI B dan VI C masing-masing berjumlah 14 peserta didik sebagai kelas kelompok kontrol dan eksperimen, dengan nilai Mean (nilai rata - rata) untuk klompok eksperimen dengan Mean (nilai rata - rata) 89.63 serta untuk kelompok kontrol 80.78, difference 8.85. Analisis dari Mann Whitney menghasilkan nilai dari p-valuue 0,00<0,05 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran daring pada hasil dari proses belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kasimpulannya, ada perbedaan signifikan antara proses pembelajaran daring Google classroom dengan teknik pembelajara secara konvensional. Hasil penelitian ini memberikan manfaat serta masukan bagi guru MI Nurul Mun'in untuk mengimplemintasikan model pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dimana kususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
10 MUHAMMAD MUSHFI EL IQ BALI Upgrading Students’ Interest Melalui Model Pembelajaran Color-Coded Co-Op Cards (Cococa) Di Madrasah Ibtidaiyah Mandiri PT 2021
Detail Penelitian Kolaborasi
  • Judul
  • Upgrading Students’ Interest Melalui Model Pembelajaran Color-Coded Co-Op Cards (Cococa) Di Madrasah Ibtidaiyah
  • Sumber dana
  • Mandiri PT
  • Dana
  • 6.800.000
  • Ketua Peneliti
  • MUHAMMAD MUSHFI EL IQ BALI
  • Keterangan
  • luar
  • Anggota Peneliti
  • MAHFUD DHOFIR JAILANI
  • MOH.NADIR ROMAODHONI
  • Abstrak
  • Low student interest in learning affects student learning outcomes. Thus, stimulation is needed to increase student interest in learning so that it can improve student learning outcomes. This study aims to determine the application of the Color-Coded Co-op Cards (CoCoCa) learning model in increasing students' interest in learning towards Islamic Education in MI Tarbiyatul Islamiyah Sumberkerang Gending Probolinggo and its supporting and inhibiting factors. This study uses a qualitative research approach. The type used in this research is a case study. The results of the study are based on data exposure and interview results, the Color-Coded Co-op Cards (CoCoCa) learning model is very suitable to be applied in MI Tarbiyatul Islamiyah Sumberkerang Gending Probolinggo the Color-Coded Co-op Cards (CoCoCa) cooperative learning model is able to create an atmosphere and learning conditions that are pleasant and not saturating. This is different from the findings in the observation results, when the teacher uses the lecture method, the majority of students feel boredom so that students passively participate in learning and even fall asleep in the classroom. However, when the teacher applies the Color-Coded Co-op Cards (CoCoCa) learning model, it is known that the percentage of student interest in learning increases by up to 85% to be more active in learning compared to other learning model.
Showing 1 to 10 of 11 entries
Previous12Next


LP3M merupakan unsur pelaksana akademik yang bertugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah, serta ikut membangun kompetensi sumber daya manusia yang diperlukan.

Share:
Layanan Penting
  • > E-Risbang
  • > E-Journal
  • > Pustaka Nurja
  • > Unuja Store
Tautan Eksternal
  • > Litapdimas Kemenag
  • > Bima Kemendikbud
  • > Arjuna Kemendikbud
  • > Sinta Kemendikbud
Tautan Internal
  • > UNUJA
  • > Pascasarjana
  • > Fakultas Agama Islam
  • > Fakultas Teknik
  • > Fakultas Soshum
  • > Fakultas Kesehatan
Alamat
  • > +62 823-1800-7953
  • > lp3m@unuja.ac.id
  • > Gedung Rektorat Lt. 2 Universitas Nurul Jadid, Karanganyar Paiton Probolinggo 67291

© 2021 Edumel All rights reserved by Dreambuzz

  • Terms of Service
  • Join Us
  • Privacy Policy