• Beranda
  • Profil Dosen
  • Profil LP3M
    • Tata Kelola
    • Pusat Kajian
    • Layanan Masyarakat
    • Layanan Publikasi Ilmiah
  • Penelitian
    • Laporan
      • Dosen
      • Mahasiswa
      • Kolaborasi
    • Luaran Dosen
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • Prosiding
      • Forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
    • Luaran Mahasiswa
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • Prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
    • Luaran Kolaborasi
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
    • Kerja Sama
  • Pengabdian
    • laporan
      • Dosen
      • Mahasiswa
      • Kolaborasi
    • Luaran Dosen
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
      • Media Massa
      • Produk Terstandarisasi
      • Mitra UMKM
      • Wirausaha
      • Luaran IPTEK
    • Luaran Mahasiswa
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
      • Media Massa
      • Produk Terstandarisasi
      • Mitra UMKM
      • Wirausaha
      • Luaran IPTEK
    • Luaran Kolaborasi
      • Jurnal
      • Hak Cipta
      • Buku
      • prosiding
      • forum
      • Integrasi pendidikan
      • Outcome pembelajaran
      • Produk dimanfaatkan masyarakat
      • Media Massa
      • Produk Terstandarisasi
      • Mitra UMKM
      • Wirausaha
      • Luaran IPTEK
    • Kerja Sama
  • Berita
  • Weekly Forum
  • Pengumuman
  • Login

NoNamaJudulJenisTahunDetail
1 Dr. ABDURRAHMAN, M.Pd.I. Tatalaksana Manajemen Peserta Didik Di Mts Miftahul Ulum Karya Tulis 2024
Detail Penelitian Kolaborasi Hak Cipta
  • Judul
  • Tatalaksana Manajemen Peserta Didik Di Mts Miftahul Ulum
  • Jenis
  • Karya Tulis
  • Tahun
  • 2024
  • Ketua Peneliti
  • Dr. ABDURRAHMAN, M.Pd.I.
  • Pemegang Hak Cipta
  • SENTRA HKI LP3M UNIVERSITAS NURUL JADID
  • Anggota Peneliti
  • MUHAMMAD AINAL
  • AHMAD TAUFIKI
  • SHOLEHUDIN
  • RIZKIYANTO
  • Deskripsi
  • Tercapainya tujuan pendidikan di madrasah sangat dipengaruhi oleh faktor peserta didik. Segala kegiatan di madrasah bermuara pada peserta didik dan keberadaan peserta didik berperan sebagai subyek sekaligus obyek dalam proses pendidikan di madrasah. Dalam kaitan ini pengelolaan peserta didik perlu mendapatkan perhatian yang serius dari para pemegang manajerial di madrasah. Kajian ini difokuskan pada tatalaksana pengelolaan peserta didik di MTs Miftahul Ulum dengan sub fokusnya: (1) Seperti apa tatalaksana dalam manajemen peserta didik, (2) Apa saja alat yang digunakan madrasah dalam manajemen peserta didik, (3) Macam-macam tatalaksana manajemen peserta didik, (4) Teknologi apa yang digunakan madrasah dalam tatalaksana manajemen peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Setelah diperiksa keabsahannya, data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan peserta didik harus dipersiapkan sedini mungkin pada setiap awal tahun pelajaran. Pengorganisasian peserta didik dimulai dari pengelompokan kelas berdasarkan hasil tes sehingga terbentuk kelas binaan. Kemudian Kepala Madrasah memberikan tanggung jawab dan wewenang kepada wali kelas untuk membina dan mengarahkan para peserta didik.
2 MOH. ROFIKI, M.Pd.I. Manajemen Pendidikan Berbasis Community Engangement Dalam Peningkatan Mutu Sekolah Karya Tulis 2024
Detail Penelitian Kolaborasi Hak Cipta
  • Judul
  • Manajemen Pendidikan Berbasis Community Engangement Dalam Peningkatan Mutu Sekolah
  • Jenis
  • Karya Tulis
  • Tahun
  • 2024
  • Ketua Peneliti
  • MOH. ROFIKI, M.Pd.I.
  • Pemegang Hak Cipta
  • SENTRA HKI LP3M UNIVERSITAS NURUL JADID
  • Anggota Peneliti
  • NAUFAL MUBAROK
  • MUHAMMAD ANGGA
  • Deskripsi
  • Penelitian ini mengkaji manajemen pendidikan berbasis community engangement dalam peningkatan mutu sekolah. Pendekatan kualitatif dengan studi kasus yang digunakan dalam penelitian. Lokasi penelitian di MTs Nurul Jadid dikarenan mudah mendapatkan data serta merupakan lembaga unggul serta lembaga yang berada dalam lingkungan pesantren. Data penelitian terdiri dari data primer dan sekunder yang masing-masing diperoleh dari informan penelitian dan jurnal-jurnal ilmiah baik nasional dan internasional. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Manajemen pendidikan berbasis community engangement dalam peningkatan mutu sekolah terdiri dari keterlibatan masyarakat dalam bidang akademik, pembiayaan, serta mutu pendidikan.
3 EKA DIANA, M.Pd. I Pengelolaan Digital Public Relation Dalam Membangun Citra Positif Madrasah Karya Tulis 2024
Detail Penelitian Kolaborasi Hak Cipta
  • Judul
  • Pengelolaan Digital Public Relation Dalam Membangun Citra Positif Madrasah
  • Jenis
  • Karya Tulis
  • Tahun
  • 2024
  • Ketua Peneliti
  • EKA DIANA, M.Pd. I
  • Pemegang Hak Cipta
  • SENTRA HKI LP3M UNIVERSITAS NURUL JADID
  • Anggota Peneliti
  • SITI RATNATUS SOLEHAH
  • SITI NADIFAH
  • NAZILATUR ROHMAH
  • Deskripsi
  • Lembaga pendidikan perlu memiliki kemampuan untuk mengevaluasi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana digital public relation dikelola untuk membangun citra positif MTs Az-Zainiyah I Randumerak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik seperti observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari informan penelitian yang terdiri dari kepala madrasah, waka humas, kepala tata usaha, dan guru. Sementara itu, data sekunder diperoleh dari jurnal nasional dan internasional. Analis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Pengelolaan digital publik relation dalam membangun citra positif madrasah dilakukan dengan melibatkan fungsi manajemen humas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Pelaksanaan digital public relation hanya menggunakan platform facebook dalam melakukan komunikasi dengan masyarakat. Strategi madrasah dalam membangun citra positif dilakukan mulai dengan membangun opini sampai melakukan pemasaran pendidikan.
4 EKA DIANA, M.Pd. I Analisis Efektivitas Kepemimpinan Virtual Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas Karya Tulis 2022
Detail Penelitian Kolaborasi Hak Cipta
  • Judul
  • Analisis Efektivitas Kepemimpinan Virtual Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas
  • Jenis
  • Karya Tulis
  • Tahun
  • 2022
  • Ketua Peneliti
  • EKA DIANA, M.Pd. I
  • Pemegang Hak Cipta
  • Sentra HKI Universitas Nurul Jadid
  • Anggota Peneliti
  • HIFLATUS SUNNAH
  • SRI WAHYUNI KHOIRIYAH
  • Deskripsi
  • This study aims to analyze the effectiveness of the principal's virtual leadership in relation to increasing teacher work motivation in the new normal era and the factors that influence it. This type of research uses a mix of qualitative and quantitative. The research location is in SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. The research sample amounted to 20 people chosen randomly from the entire research population. Data collection techniques used interviews, documentation studies and questionnaires. The data analysistechnique used descriptive statistics with the t-test of one sample based on the sample used less than 30. The results of the t-test obtained an average value of 82.7% which was in the effective category. The supporting factors for virtual leadership consist of communication skills and social networking skills. The inhibiting factors consist of geographical conditions and building trust.
5 MUHAMMAD AINUL YAQIN, M.Pd. Strategi Optimalisasi Peran Wali Murid Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi Karya Tulis 2022
Detail Penelitian Kolaborasi Hak Cipta
  • Judul
  • Strategi Optimalisasi Peran Wali Murid Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi
  • Jenis
  • Karya Tulis
  • Tahun
  • 2022
  • Ketua Peneliti
  • MUHAMMAD AINUL YAQIN, M.Pd.
  • Pemegang Hak Cipta
  • Sentra HKI LP3M Universitas Nurul Jadid
  • Anggota Peneliti
  • MUSTAIN ROMLI
  • ZAINUL ILYAS
  • Deskripsi
  • Pasca mewabahnya pandemi covid-19. Pendidikan yang semula pembelajarannya dilakukan secara tatap muka di sekolah, kini harus beralih pada sistem jarak jauh atau daring (dalam jaringan). Hal itu tentu membuat para siswa di setiap lembaga mengalami perubahan dan membiasakan diri kembali dengan nuansa pembelajaran yang berbeda. Tak jarang memunculkan problematika tersendiri yang mengakibatkan pembelajaran terganggu. Alhasil membuat para peserta didik kurang bersemangat dan berdampak pada penurunan minat belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menelaah lebih lanjut mengenai permasalahan yang terjadi selama pembelajaran di masapandemi secara komprehensif dan lugas. Membuka tabir strategis optimalisasi alur pendidikan di masa pandemi melalui peran wali murid untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dengan enggunakan metode kualitatif deskriptif yang fokus menjabarkan seluruh permasalahan sekaligus menemukan solusinya. Dimana pengumpulan datanya menggunakan instrumen wawancaradan observasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ditemukan bahwa terdapat beberapa kendala yang dialami oleh lembaga dan wali murid dalam pembelajaran daring. Seperti keterbatasan dalam mengakses internet disebabkan kurangnya paket data dan tidak memiliki telepon seluler. Selain itu juga ditemukan bahwa peran dan upaya orang tua yang begitu esensi, seperti melakukan pendampingan atau bimbingan secara silih berganti, mempelajari kembali hasil belajar dari guru setelah daring melalui pendampingan orang tua. Sehingga keduanyasaling membenahi atau mengisi satu sama lain melalui upaya-upaya yang diterapkan. Dengan begitu, pembelajaran tetap dalam posisi yang baik dan peserta didik tetap bisa belajar dengan baik serta dapat menumbuhkan minat belajarnya.
6 Dr. Agus Sulthoni Imami, S.Psi., M.Pd.I. Penguatan Kapasitas Ekonomi Pondok Pesantren Nurul Jadid Melalui Unit Usaha En-Je Mart Karya Tulis 2021
Detail Penelitian Kolaborasi Hak Cipta
  • Judul
  • Penguatan Kapasitas Ekonomi Pondok Pesantren Nurul Jadid Melalui Unit Usaha En-Je Mart
  • Jenis
  • Karya Tulis
  • Tahun
  • 2021
  • Ketua Peneliti
  • Dr. Agus Sulthoni Imami, S.Psi., M.Pd.I.
  • Pemegang Hak Cipta
  • Sentra HKI Universitas Nurul Jadid
  • Anggota Peneliti
  • HALIMI FAUZEN
  • MUHAMMAD MUKHLES
  • Deskripsi
  • Strengthening capacity is a demand for policies that will be taken in the process of improvement or change for individuals or institutions in achieving predetermined goals. Strengthening the capacity in the business will have a significant impact on the sustainability of the business being carried out. Nurul Jadid Islamic boarding school is one of the Islamic boarding schools which has significant influence on many aspects of community life. The existence of a pesantren business, namely EN-JE mart, is one of the income-generating business units for the pesantren. The results of the study obtained from this study include the strategies used by EN-JE mart to attract consumers, both in terms of improving the organizational structure, budget capacity, facilities and infrastructure, and services. By using descriptive qualitative research methods, the description obtained from the results of this study aims to provide insight and further assess the positive performance of EN-JE mart.
7 Dr. ABDURRAHMAN, M.Pd.I. Integrasi Kurikulum Madrasah Diniyah Dengan Lembaga Formal Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Nurul Jadid Paiton Probolinggo Karya Tulis 2021
Detail Penelitian Kolaborasi Hak Cipta
  • Judul
  • Integrasi Kurikulum Madrasah Diniyah Dengan Lembaga Formal Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Jenis
  • Karya Tulis
  • Tahun
  • 2021
  • Ketua Peneliti
  • Dr. ABDURRAHMAN, M.Pd.I.
  • Pemegang Hak Cipta
  • Sentra HKI Universitas Nurul Jadid
  • Anggota Peneliti
  • IKA FITRI ANWAR
  • SOFIYA MAULIZA
  • Deskripsi
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena merosotnya motivasi belajar santri di lingkungan pondok pesantren terhadap pelajaran agama yang sejatinya merupkan identitas dari pesantren itu sendiri dengan lebih mengedepankan pelajaran-pelajaran yang bersifat umum. Kedudukan Madrasah Diniyah sebagai lembaga pendidikan yang mengakomodir pembelajaran keagamaan semakin terpinggirkan dengan hadirnya sekolah-sekolah formal di pondok pesantren. Sinergi antara madrasah diniyah dengan lembaga formal sering kali tidak seimbang sehingga banyak santri dengan pengetahuan keagamaan yang masih jauh dari yang diharapkan. Berangkat dari berbagai kekhawatiran akan tergerusnya pelajaran agama di pondok pesantren, pondok pesantren mengambil sikap tegas dengan mengintegrasikan kurikulum madrasah diniyah pada lembaga-lembaga formal sebagai antisipasi akan memudarnya motivasi santri terhadap pembelajaran agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah kurikulum integrasi madrasah diniyah pada lembaga formal, menjelaskan model kurikulum integrasi madrasah diniyah dengan lembaga formal, dan mendeskripsikan kontribusi madrasah diniyah untuk melahirkan lulusan yang eksistensial terhadap pembelajaran agama pada lembaga formal. Penelitian ini juga ingin menegaskan peran madrasah diniyah sebagai identitas pendidikan keagamaan di lingkungan pondok pesantren. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah: pertama, madrasah diniyah disatukan dengan lembaga formal dengan pembagian waktu dua hari untuk madrasah diniyah dan empat hari untuk lembaga formal. Kedua, ujian madrasah diniyah lebih dulu dilaksanakan sebelum ujian formal. Ketiga, santri yang tidak lulus ujian madrasah diniyah tidak diperkenankan mengikuti ujian lembaga formal sebelum melakukan remidi. Keempat, peningkatan mutu lulusan, santri terlebih dahulu menguasai Furudul Ainiyah sebelum mengikuti ujian madrasah diniyah.
8 MOH. ROFIKI, M.Pd.I. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Menengah Atas Di Era New Normal Karya Tulis 2021
Detail Penelitian Kolaborasi Hak Cipta
  • Judul
  • Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Menengah Atas Di Era New Normal
  • Jenis
  • Karya Tulis
  • Tahun
  • 2021
  • Ketua Peneliti
  • MOH. ROFIKI, M.Pd.I.
  • Pemegang Hak Cipta
  • Sentra HKI Universitas Nurul Jadid
  • Anggota Peneliti
  • LUKMAN SHOLEH
  • ABDUL ROZAQ AKBAR
  • Deskripsi
  • Fokus tulisan ini adalah implementasi pemasaran jasa pendidikan di lembaga pendidikan yang sekarang<br>berada dalam era kenormalan baru karena dampak pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah dapat mendeskripsikan secara utuh serta menyeluruh tentang strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saing sekolah di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, serta studi dokumentasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, bagian humas, guru, serta siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data Miles dan Hubbeman terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, seta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasanya strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saing sekolah di SMA Nurul Jadid terdiri dari beberapa strategi yang digunakan yaitu strategi pemasaran jasa pendidikan secara langsung, tidak langsung serta deferensiasi.
Showing 1 to 8 of 8 entries
Previous1Next


LP3M merupakan unsur pelaksana akademik yang bertugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah, serta ikut membangun kompetensi sumber daya manusia yang diperlukan.

Share:
Layanan Penting
  • > E-Risbang
  • > E-Journal
  • > Pustaka Nurja
  • > Unuja Store
Tautan Eksternal
  • > Litapdimas Kemenag
  • > Bima Kemendikbud
  • > Arjuna Kemendikbud
  • > Sinta Kemendikbud
Tautan Internal
  • > UNUJA
  • > Pascasarjana
  • > Fakultas Agama Islam
  • > Fakultas Teknik
  • > Fakultas Soshum
  • > Fakultas Kesehatan
Alamat
  • > +62 823-1800-7953
  • > lp3m@unuja.ac.id
  • > Gedung Rektorat Lt. 2 Universitas Nurul Jadid, Karanganyar Paiton Probolinggo 67291

© 2021 Edumel All rights reserved by Dreambuzz

  • Terms of Service
  • Join Us
  • Privacy Policy