Arah Pengembangan

Dalam Statuta Universitas Nurul Jadid (SK Yayasan Nurul Jadid Paiton Probolinggo No. 486/YNJ/A-I/2017), Bab IV, Pasal 18 tentang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, pada ayat 1 disebutkan bahwa UNUJA wajib menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selanjutnya, Ayat 2 menjelaskan bahwa penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan.

Sementara itu, dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) Universitas Nurul Jadid (SK Ketua Yayasan Nurul Jadid Nomor 489/YNJ/A-I/2017), Bab III, Arah Pengembangan UNUJA 2018-2042: Indikator dan Faktor Keberhasilan Utama diuraikan tentang target pencapaian dan arah pengembangan riset dan pengabdian di UNUJA pada tahun 2042.

Pada aspek Penelitian dan Publikasi Ilmiah disebutkan bahwa menjadi kampus unggul berkeadaban perlu ditunjang dengan meningkatnya jumlah penelitian dan publikasi ilmiah dosen UNUJA di level nasional dan internasional. Kontribusi dosen UNUJA yang mampu menghasilkan penelitian harus seimbang dengan publikasinya di jurnal nasional dan internasional terindeks sehingga transfer ilmu pengetahuan melalui riset dan publikasi bisa terus ditingkatkan. Pada tahun 2042, seluruh dosen UNUJA setidaknya telah mampu menghasilkan riset dalam berbagai publikasi ilmiah diakui, separuh di antaranya mampu mempublikasikan di jurnal internasional terindeks, bahkan—jika mampu—menjadikannya sebagai program inovasi dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka arah pengembangan yang akan dilakukan adalah:

1. Menerapkan secara holistik kebijakan untuk para dosen guna melakukan riset dan inovasi dengan luaran berupa artikel jurnal nasional terakreditasi dan realisasi kebijakan dalam implementasi anggaran reset dan inovasi. Menyusun kebijakan yang bersifat imperatif bagi dosen terkait target capaian riset, inovasi, dan abdimas, serta penyediaan anggaran yang rasional.

2. Menyediakan roadmap riset dasar, terapan, dan riset multidisipliner dari setiap LBE di prodi dengan target luaran berupa artikel jurnal nasional dan internasional. Menyusun roadmap riset dasar, terapan, dan riset multidisipliner dengan visi riset kolaboratif antar perguruan tinggi dan target luaran berupa artikel jurnal internasional terakreditasi.

3. Meningkatkan anggaran riset, inovasi, dan pengabdian masyarakat. Meningkatkan anggaran riset, baik riset dari dana internal maupun pagu riset untuk riset yang disediakan pemerintah maupun pihak lainnya.

4. Memperkuat kinerja riset dasar, terapan, dan multi disiplin. Memperkuat kinerja dalam menghasilkan intelectual output untuk riset dasar, terapan, dan multi disiplin, khususnya riset yang memanfaatkan sumberdaya nasional dan kearifan lokal.

5. Memanfaatkan jejaring internasional. Mengoptimalkan pemanfaatan jejaring internasional untuk mendukung penyelenggaraan riset, joint research, joint supervision, joint publication research consorsium, dan kegiatan riset dan inovasi lainnya.

Sementara itu, pada aspek Pengabdian kepada Masyarakat, sejalan dengan meningkatnya jumlah riset dan publikasi ilmiah, dosen UNUJA juga hrus meningkatkan jumlah pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian tak terpisahkan dari tridharma perguruan tinggi. Aspek pengabdian kepada masyarakat perlu diprioritaskan mengingat UNUJA berada dalam kompleks Pesantren Nurul Jadid yang memang berfungsi sebagai ujung tombak penguat relasi pesantren dan masyarakat. Untuk itulah, UNUJA pada tahun 2042 telah mampu menghasilkan berbagai program pengabdian kepada masyarakat yang diinisiasi oleh seluruh dosen, baik melalui hasil riset maupun inovasi produk (HAKI/Paten), di seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka arah pengembangan yang akan dilakukan adalah:

1. Mendesain dan menerapkan kebijakan khusus untuk mendorong dosen melakukan pengabdian kepada masyarakat. Menyusun kebijakan imperatif bagi penyelenggaraan pengabdian masyarakat baik dalam aspek regulasi, infrastruktur, pedoman, penjaminan mutu, dan penerapan hasilnya.

2. Mengupayakan pengabdian masyarakat berbasis hasil riset dan inovasi. Memfokuskan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat untuk mengimplementasikan hasil riset dan inovasi agar memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan nasional

3. Membangun sinergi kelembagaan terkait untuk memperkuat hasil riset berbasis produk inovasi. Menmbangun sinergi antara LP3M dengan LPPK dan menguatkan LPPK sebagai media transformasi hasil research menjadi produk inovatif dalam pola A-B-C-G-M (Academician, Business, Community, Government, and Mass-media)

4. Meningkatkan komitmen atas riset berorientasi produk. Memberikan proporsi yang lebih besar untuk riset yang berorientasi pada penciptaan produk inovatif yang memiliki potensi aplikasi dan komersial yang tinggi

5. Memperluas jejaring industri internasional yang kuat untuk membangun inkubator bisnis dan business start up. Membangun jejaring industri internasional dan membentuk lembaga inkubator bisnis dan business start up sebagai wadah dalam implementasi hasil-hasil riset dan inovasi dan sebagai wadah dalam pembibitan wirausaha muda dan UMKM.

Sidebar Menu