Judul Penelitian:

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKHLAK BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MASA PANDEMI DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

Pembicara:

ABDULLAH - Pendidikan Agama Islam

Tahun:

2021

Lokasi:

MADRASAH TSANAWIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

Sumber Dana:

Internal PT

Abstraksi:

Artikel ini berusaha menganalisis implementasi pembelajaran akhlak berbasis multikultural pada masa Pandemi Covid-19 di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Untuk mengungkap data dan informasi mengenai implementasi pembelajaran akhlak berbasis multikultural itu, penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif. Melalui paradigma ini, ditemukan implementasi pembelajaran akhlak di MTs Nurul Jadid ialah melalui perbuatan dan uswatun hasanah. Artinya, seorang guru tidak hanya memberikan materi dalam mengajar tapi juga contoh dan teladan yang baik. Selain itu, seorang guru juga melatih siswa dengan cara memberikan tantangan pada peserta didiknya yang berupa praktik terkait materi akhlak. Adapun tantangan yang dimaksud ialah misalnya pada Bab Ghibah, maka peserta didik diminta untuk tidak ghibah selama satu minggu. Meskipun masih banyak yang tidak bisa menahan diri untuk ghibah setidaknya para peserta didik ada dorongan untuk tidak/mengurangi ghibah dalam waktu satu minggu.

Review:

ok

Sidebar Menu