Judul Pengabdian:

Implementasi e-School dengan Teknologi IoT (Internet of Thing) untuk Meningkatkan Efisiensi Manajemen sekolah

Pengabdi:

MOH. AINOL YAQIN - Teknik Informatika
AHMAD HUDAWI - Teknik Informatika

Tahun:

2019

Lokasi:

SMAI SYARIF HIDAYATULLAH

Sumber Dana:

Ditlitabmas Ristekdikti

Abstraksi:

Pada era perkembangan teknologi yang semakin maju dan pesat, saat ini industri teknologi telah memasuki era baru yang disebut dengan IoT (Internet of Things). Keberadaan teknologi khususnya IoT dimaknai sebagai upaya untuk meningkat efektivitas dan efisiensi dan dikembangkan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi manusia khususnya pada bidang pendidikan. Tak bisa dipungkiri saat ini teknologi IoT telah merambah pada bidang pendidikan. Di dunia pendidikan, teknologi IoT mulai dipertimbangkan oleh pengajar atau guru sebagai bentuk inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kinerja sekolah.

Namun tak sedikit sekolah yang belum memanfaatkan atau mengetahui akan eksitensi IoT ini. Sebagai contoh Sekolah Menengah Atas Islam Syarif Hidayatullah, Pakuniran, Probolinggo. Sekolah tersebut belum memanfaatkan teknologi IoT. Akibat dari dari hal itu, sekolah tersebut sulit untuk meningkatkan produktifitas pelayanan sekolah dikarenakan banyak masalah yang ditemukan di sekolah tersebut mulai dari sarana sistem informasi yang kurang efektif dan pengolahan data akademik dan administrasi sekolah yang juga kurang efektif.

Peneliti merancang, mendesign dan mengimplementasikan system berbasis website (ESchool). Aplikasi E-School ini bisa digunakan untuk mengelola manajemen sekolah dengan baik. Dengan aplikasi E-School ini sekolah dapat meningkatkan pelayanan sekolah kepada siswa. Terdapat tiga modul yang akan peneliti buat, website sekolah, sistem akademik sekolah dan aplikasi e-voting. Setiap modul memiliki fungsi dan tujuan bisnis yang berbeda sesuai dengan aktor yang menjalankannya. Peneliti akan menerapkan tekologi IoT yang bebasis website (E-School) karena sekolah tersebut belum memanfaatkan teknologi IoT.

Review:

Sidebar Menu