Judul Pengabdian:

MEWUJUDKANONE STOP SERVICE SYSTEM MELALUI PROGRAM PEMBINAAN DESA SANTRI (SADAR DAN TANGGAP INFORMASI) DI DESA RANDUTATAH KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO

Pengabdi:

FUADZ HASYIM - Sistem Informasi

Tahun:

2019

Lokasi:

Randutatah, Paiton, Probolinngo

Sumber Dana:

Internal PT

Abstraksi:

Desa dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal terkait semua urusan masyarakat. Keterlambatan penerbitan dokumen-dokumen penting masyarakat, misalkan lambatnya mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta kelahiran, itu merupakan dampak dari lambatnya pelayanan administrasi desa. Lambatnya pelayanan administrasi desa tersebut di sebabkan oleh semua kegiatan dalam mengolah administrasi masih menggunakan cara manual, yaitu ditulis dalam buku administrasi. Sehingga banyak data yang hilang serta kerangkapan data. Walaupun sebagian sudah menggunakan komputer tapi masih belum bisa dilakukan secara otomatis. Melaluiprogram pembinaan desa SANTRI (Sadar dan Tanggap Informasi)dengan mewujudkan one stop service system (OS3) pada sistem pelayanan administrasi desa, masalah tersebut diatas akan dianalisis dan diurai melalui pembinaan perangkat desa dan masyarakat terkait administrasi desa. Pembinaan ini fokus pada bidang administrasi yang berbasis sistem informasi, bukan hanya sekedar penataan manajemen administrasi saja. Sehingga nantinya administrasi desa bisa terintegrasi serta cepat dalam proses pelayanannya. Program tersebut dijalankan melalui beberapa langkah penting, seperti pembuatan Pengumpulan Kebutuhan, Analisis Kebutuhan, Membuat Rancangan Sistem, Implementasi, target dari pendampingan ini adalah perangkat Desa Randutatah Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo dan masyarakat Desa Randutatah.

Review:

ok

Sidebar Menu