Judul Pengabdian:

PENINGKATAN HARGA JUAL HEWAN TERNAK MELALUI ADVERTISING MEDIA DI DESA SAMBIHRAMPAK LOR PROBOLINGGO JAWA TIMUR

Pengabdi:

MUHAMMAD MUNIF - Pendidikan Agama Islam

Tahun:

2019

Lokasi:

Sambirampak Lor

Sumber Dana:

Internal PT

Abstraksi:

Salah satu upaya peningkatan harga jual hewan ternak adalah melalui periklanan (advertising), baik cetak maupun elektronik. Masrarakat desa Sambihrampak Lor kecamatan Kotaanyar merupakan peternak hewan yakni sapi, kambing, ayam, itik dan bebek. Selama berbulan-bulan para peternak hewan ini berjuang untuk memberinya makan, minum, jamu, obat, dan merawat hewan ternaknya supaya pada saat menjualnya para peternak ini mendapatkan keuntungan sesuai harapan. Problem yang terjadi pada para peternak di desa sambihrampak Lor ini adalah ketika mau menjual hewan ternaknya ternyata harga jual hewan ternak tersebut tidak sesuai harapan. Hewan ternak mereka ditawar oleh tengkulak (blantik: Jawa) dan konsumen dengan harga murah, sehingga peternak merasa rugi, tidak sebanding antara perawatan dengan harga jualnya. Pengalaman pahit ini dirasakan oleh peternak hampir setiap mereka memasuki masa penjualan hewanternaknya. Gagasan “Advertising Media” dalam upaya meningkatkan harga jual hewan ternak di desa Sambirampak Lor kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo diharapkan mampu memberi alternatif solusi bagi kesejahteraan peternak. Program ini sebenarnya mempunyai aksentuasi pada bagaimana kualitas hewan ternak mereka dapat diketahui oleh khalayak yang lebih luas dari biasanya karena promosinya dilakukan melalui media periklanan. Para peternak ini dapat memasarkannya lewat media, baik cetak (katalog) maupun elektronik berbasis media sosial (WA, facebook dan Youtube), sehingga calon konsumen jumlahnya lebih banyak dari biasanya. Harapannya adalah banyaknya calon pembeli hewan ternak tersebut akan dapat meningkatkan harga jualnya. Program periklanan hewan ternak melalui media ini dijalankan melalui beberapa langkah, seperti pembuatan katalog, brosurdan rekaman melalui video yang kemudian diunggah ke Youtube. Keterlibatan dari berbagai pihak, misalnya peternak dan pemuda desa setempat sangat diperlukan dalam program ini, sebab pemuda tersebut yang akan dilatih untuk menjadi presenter dan host untuk mengiklankan hewan ternak para peternak. Durasi 4 bulan, mulai Juli – Oktober 2019 diharapkan cukup untuk menuntaskan program ini.

Review:

ok

Sidebar Menu