Judul Pengabdian:

PENGEMBANGAN STRATEGI PENJUALAN HASIL PENGOLAHAN KAPUK DI DESA SUMURDALAM MELALUI MEDIA ONLINE

Pengabdi:

MOH. AINOL YAQIN - Teknik Informatika

Tahun:

2019

Lokasi:

Sumurdalam, Besuk, Probolinggo

Sumber Dana:

Internal PT

Abstraksi:

Desa Sumurdalam merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. Desa Sumurdalam terkenal sebagai desa pemproduksi kasur, yang dimana 75% masyarakatnya berprofesi sebagai pemproduksi kasur yang bersifat home industry (usaha rumahan). Masyarakat desa Sumurdalam tidak hanya memproduksi kasur, namun juga memproduksi bantal dan guling yang berbahan dasar kapuk dan seluruh pemrosesannya dilakukan dengan cara tradisional dan alat – alat yang sederhana. Penduduk desa Sumurdalam memasarkan hasil produksi kasur, bantal, dan guling dengan tiga teknik pemasaran, yaitu : (1) Memasok barang hasil produksi ke daerah yang telah menjadi langganan tetap mereka (misal : pasar maron, tiris, wangkal, dan lain sebagainya), (2) Menjajahkan keliling, (3) Menerima pesanan dari pelanggan. Salah satu yang menyebabkan ketidakstabilan dari omset yang didapatkan dari penjualan produk hasil olahan kapuk adalah daya saing jual-beli dengan kasur, bantal, guling yang berbahan dasar spon, bulu angsa, dan lain sebagainya yang ada di pasaran saat ini. Dalam kegiatan KKN-PKM 2019 ini , kami ingin menyelesaikan permasalahan, bagaimana cara untuk mengoptimalkan penjualan produk dari UMKM kasur, bantal dan guling dari desa Sumurdalam dan meluaskan pemasaran produk olahan kapuk dari desa Sumurdalam, dengan cara membantu memperkenalkan penjualan produk berbasis online kepada warga desa Sumurdalam khusunya yang memiliki home industry produksi kasur, bantal dan guling dengan memanfaatkan3 Unicorn yang telah ada saat ini, seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Sehingga, dengan adanya metode ini diharapkan dapat menstabilkan dan menaikkan omset penjualan produk kasur, bantal, dan guling dari home industry warga desa Sumurdalam dan dalam segi pemasaran diharapkan mampu bersaing dengan produk semacamnya yang berbahan dasar selain kapuk dan semakin luas pemasarannya. Dan program tersebut dapat dilakukan dalam kurun waktu 4 bulan (Agustus – November).

Review:

ok

Sidebar Menu