Workshop Manajemen E-Journal, LP3M Harapkan Peningkatan Kualitas Tata Kelola

Minggu (28/07/2019) – Bidang Penerbitan LP3M UNUJA kembali melaksanakan workshop peningkatan e-journal. Kali ini, LP3M mendatangkan Busro, M.Ag., pengurus pusat Relawan Jurnal Indonesia dari UIN Gunung Djati Bandung. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan yang serupa pada tahun lalu, di mana fokusnya pada tata kelola ejournal. Kini, tema workshop adalah “Evaluasi Kesiapan sesuai Akreditasi Nasional”, karena fokusnya adalah mendampingi para pengelola jurnal di UNUJA untuk akreditasi.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Busro adalah pentingnya konsistensi antara pernyataan dalam rubrik dan realitas di lapangan. Poin-poin dalam borang akreditasi jurnal diharapkan terus dijadikan rujukan bagi setiap pengelola untuk mengevaluasi diri sejauh mana peringkat jurnalnya saat ini. Busro juga mengingatkan pentingnya kehati-hatian dalam menyusun substansi naskah. “Harus hati-hati mengeditori tulisan. Banyak [pengelola jurnal, red.] tidak memperhatikan ini,” kata Busro.

Di tempat terpisah, Kabid Penerbitan LP3M UNUJA, Ismail Marzuki, M.H.I., juga berharap kegiatan ini bisa mendorong peningkatan kualitas tata kelola ejournal di lingkungan UNUJA. “Tahapan proses submission, review, editing, hingga publishing perlu diperhatikan dan dilalui secara bertahap, agar tata kelola jurnal kita menjadi lebih baik,” terang Ismail. LP3M berencana melaksanakan rencana tindak lanjut kegiatan ini pada bulan September tahun 2019 mendatang. [AF]

Sidebar Menu