Workshop E-Journal: Percepatan Menuju Akreditasi Sinta II

Minggu (02/02/2020) - Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Nurul Jadid (LP3M UNUJA) melaksanakan kegiatan Workshop Manajemen e-Journal Ilmiah bagi pengelola jurnal di lingkungan Univesitas Nurul Jadid dengan menghadirkan Busro, M.Ag. dari Tim Relawan Jurnal Indonesia UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk kedua kaliya. Dalam kegiatan yang bertajuk “Pendampingan percepatan jurnal ilmiah unuja menuju Indeksasi DOAJ & Akreditasi Nasional Sinta 2 tahap II, dihadiri langsung oleh Wakil Rektor III (Warek 3) M. Noer Fadli Hidayat, Kepala LP3M Ahmad Fawaid dan Kepala Bidang Penerbitan Ismail Marzuki.

Kehadiran Warek 3 dalam kegiatan yang diselenggarakan LP3M merupakan suasana baru, karena dalam kegiatan yang sama pada tahun 2019 lalu masih dihadiri Warek 1. Menurut Fawaid kehadiran Warek 3 ini didasarkan pada hasil pembidangan kembali, di mana penelitian dan pengabdian mulai tahun 2020 berada di bawahnya. Dalam kagiatan tahap II ini, Fadli (panggilan akrab Warek 3) menyampaikan dukungannya kepada seluruh pengelola Jurnal di lingkungan Unuja dalam meningkatkan level jurnal masing-masing. “Setahu saya kualitas jurnal dinilai bukan berdasarkan internal maupun eksternal kampusnya, melainkan berdasarkan level, meliputi jurnal ber-ISSN, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, dan jurnal internasional bereputasi. Oleh sebab itu, saya berharap seluruh resources yang ada di UNUJA agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas jurnal yang ada,” tegasnya di hadapan pengelola jurnal.

Senada dengan Warek 3, Fawaid menyampaikan ucapan terima kasih kepada Busro karena progress hasil kegiatan tahap I terdapat beberapa jurnal di lingkungan Unuja yang sudah terindeks Directory of Open Access Journals  (DOAJ). “Jurnal kita sudah ada 4 yang terindeks DOAJ, dan 4 diantaranya sudah terindeks Sinta 3 dan 4. Pendampingan kali ini diharapkan fokus pada perbaikan konten/substansi jurnal agar dapat meningkat ke level nasional terkareditasi atau Sinta 2,” tambahnya.

Harapan Warek 3 dan Kepala LP3M ini direspons baik oleh Busro dengan menjelaskan dan membimbing poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam mengelola e-Jurnal mulai tahap submission, editor assigment, reviewing, editing, hingga publishing. Pada materi terakhir Busro membimbing simulasi penilaian akreditasi untuk mengetahui nilai yang dicapai masing-masing jurnal. Menurutnya hasil simulasi yang telah dilakukan, beberapa jurnal yang sudah terakreditasi dengan skor sinta 3 sangat berpotensi untuk naik ke sinta 2 dengan catatan bisa menjaga dan meningkatkan substansi naskah di jurnal tersebut. AZ

Sidebar Menu