Tingkatkan Output Luaran Seminar, LP3M Laksanakan Research Webinar Series

Minggu (20/09/20) - Sebagai upaya meningkatkan tridharma perguruan tinggi, Lembaga Penerbitan, penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid  (UNUJA) Paiton menyelenggarakan kegiatan Research Webinar Series sesi perdana.

Research Webinar Series kali ini dimulai pukul 10.00 WIB sampai selesai sesuai jadwal yang disebar dengan tema "Experiental Learning: Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab" dengan pembicara Dr. Sulton Firdaus, M.Pd. Webinar ini merupakan kali pertama dari sejumlah rangkaian kegiatan yang direncanakan hingga akhir bulan Desember mendatang.

Dalam sambutannya, Kepala LP3M menyampaikan tujuan kegiatan Webinar, yakni selain menjadi forum ilmiah bagi dosen, juga sebagai wadah luaran penelitian dosen.

“Selama ini kegiatan forum ilmiah berbasis penelitian cukup jarang diselenggarakan di kampus tercinta ini. Kini LP3M berupaya mewadahi kekurangan tersebut dengan mengidentifikasi dan menyeleksi penelitian dosen, seperti karya disertasi, publikasi jurnal ilmiah minimal nasional terakreditasi Sinta 2, dan karya penelitian dosen yang lolos hibah Kemenristek RI dan Kemenag RI maupun program penelitian dari instansi lain," tegasnya ketika memimpin jalannya Webinar.

Webinar yang dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Zoom tersebut dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari sejumlah Dosen, mahasiswa, alumni dan masyarakat umum.

Disamping itu, Moh. Noer Fadli Hidayat selaku Wakil Rektor 3 bidang Inovasi, Penelitian, dan Pengabdian, juga memberikan dukungan dan apresiasi atas terlaksananya Webinar ini. "Penelitian yang baik bukan hanya penelitian yang memiliki out put publikasi jurnal Scopus, melainkan penelitian yang memimiki nilai manfaat bagi masyarakat, dan tema Webinar kali ini sebenarnya bermanfaat untuk para pengajar bahasa Arab khususnya,” pungkas Fadli sapaan akrab Wakil Rektor 3.

Lebih lanjut, Fadli berharap para dosen dapat berpartisipasi baik sebagai peserta maupun narasumber dalam kegiatan Webinar yang akan dilaksanakan sebagaimana jadwal secara rutin 2 kali dalam 1 bulan tersebut. [NH]

Lebih dari hal diatas sebagai kegiatan perdana, Sulton Firdaus sebagai narasumber menyambut baik terlaksananya Webinar tersebut bahwa kegiatan ini sungguh bermanfaat bagi para civitas akademika untuk meningkatkan budaya literasi yang hari ini sangat memprihatinkan.

“Saya tidak menyangka kegiatan ini cukup serius dan mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, salahsatunya terbukti dari antusias para peserta yang cukup aktif dalam memberikan argumentasi, pertanyaan dan komentar. Hingga giat webinar ini berakhir pada pukul 12.00 WIB sesuai rencana yang telah di jadwalkan". Pungkasnya

Sidebar Menu