Seminar Nasional Hi-Tech Sesi 2: Dosen Ubaya Ingatkan Pentingnya Personal Branding

Rabu (14/09/2022) – Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) UNUJA bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNUJA menyelenggarakan Seminar Nasional Hi-Tech: Health, Humanity, Technology pada 14 sampai 15 September 2022 via Zoom Meeting.

Setelah pada Sesi 1, para narasumber mendiskusikan peran mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian di bidang studi agama. Maka pada pada sesi 2, fokusnya adalah Sains dan Teknologi, menghadirkan Keynote Speakers, yakni Siti Zahro, S.Pd., M.Pd., Ph.D., CIQaR., NNLP. dari Universitas Surabaya dan Bapak Kamil Malik, M.Kom. dari Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti oleh sembilan pembicara dari mahasiswa yang naskah paper prosiding diterima oleh panitia, dan panelis M. Ainol Yaqin, M.Kom. Kepala Bidang Penelitian UNUJA, serta mahasiswa baik dari Universitas Nurul Jadid dan mahasiswa luar UNUJA. Acara dilaksanakan secara daring menggunakan media zoom sejak pukul 12.00 sampai 15.30, dan dihadiri oleh lebih dari 200 peserta.

Siti Zahro, menyampaikan tentang pentingnya mengenal potensi pada diri mahasiswa. Potensi ini perlu diketahui sebagai sebagai langkah awal untuk mengembangkan diri dalam menentukan masa depan diri mahasiswa.

“Mahasiswa berada di jenjang pendidikan paling tinggi, harus memiliki personal branding yang positif sebagai bekal untuk meraih masa depan yang lebih cerah,” tuturnya.

Sementara itu, Kamil Malik menyinggung soal motivasi menjadi mahasiswa. Baginya, menjadi mahasiswa bukan ijazah menjadi satu-satunya tujuan, melainkan kompetensi keilmuan yang sesuai dengan prodi harus menjadi prioritas utama, sehingga menjadi distingsi pada lulusan.

“Anda bisa bergengsi dengan ijazah, namun Anda bisa berkembang dengan kompetensi. Ini dua hal berbeda. Seorang mahasiswa lulusan teknik tidak boleh hanya punya ijazah, melainkan juga perlu memiliki sertifikat keahlian,” kata Dekan Fakultas Teknik UNUJA tersebut.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan paper oleh 9 mahasiswa yang lolos seleksi. Kualitasnya juga dinilai oleh reviewer untuk perbaikan ke depan. Nantinya, paper-paper ini akan dipublikasikan dalam Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech yang diterbitkan oleh LP3M UNUJA.(TIM)

Sidebar Menu