Menuju Kampus Unggul di Tahun 2022

Rabu (15/01/2020) - Lembaga Penerbitan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Nurul Jadid (LP3M UNUJA), melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kinerja dan Target Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pulbikasi Ilmiah Tahun 2019-2020, yang bertempat di Aula Mini UNUJA.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III M. Noer Fadli Hidayat, M.Kom, kepala LP3M Achmad Fawaid, M.A., M.A, Kabid. Penelitian dan PkM  Nurul Huda, M.Fil.I  serta Dekan dan seluruh Ka. Prodi di lingkungan Universitas Nurul Jadid (UNUJA).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III menyampaikan bahwa target yang akan dicapai Universitas Nurul Jadid pada tahun 2022 ialah UNUJA harus menjadi kampus yang unggul dan bersaya saing nasional. Upaya untuk mencapai target tersebut sebenarnya telah ada, yakni menghidupkan Lab Based Education (LBE), hanya saja sampai hari ini LBE belum dilaksanakan semaksimal mungkin oleh seluruh prodi di lingkungan UNUJA. LBE merupakan lahan atau sumber dalam pengembangan tridharma perguruan tinggi, di mana dosen dengan rumpun keilmuan yang sama dapat melahirkan ide, gagasan, maupun konsep tentang penelitian/PkM, pengembangan kurikulum, pengembangan prodi dan sebagainya, bahkan setiap gagasan yang muncul dapat dikolaborasikan antar-dosen, antar-LBE, dan antara dosen-mahasiswa. Mengingat potensi LBE yang begitu besar, maka “seluruh kaprodi diharapkan mampu memulai dan menghidupkan LBE dengan baik”, pungkasnya.

Sementara itu, kepala LP3M menyampaikan, meskipun target penelitian, PkM dan publikasi ilmiah pada tahun 2019 terbilang meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya, utamanya dari sisi kuantitas, namun UNUJA harus terus berupaya untuk melakukan berbagai inovasi demi mempertahankan dan meningkatkan cluster dan rangking perguruan tinggi dalam skala nasional, terutama dalam hal bagaimana melahirkan produk-produk yang mengarah pada Hak Paten, Design Industri, dan sebagainya.

Sebagai akhir dari acara tersebut, Achmad Fawaid menyampaikan “dalam rangka mencapai target UNUJA di tahun 2022 menjadi kampus unggul skala nasional, maka di tahun 2020 diharapkan lahir berbagai produk inovasi dan teknologi yang dapat didaftarkan menjadi Hak Paten, Teknologi Tepat Guna (TTG), Produk Tersertifikasi/Terstandarisasi, Design Industri dan sebagainya”.

Sidebar Menu