Menuju Akreditasi Sinta 2 dan Scopus, LP3M Upgrade Pengetahuan Manajemen Jurnal

Senin (15/11/2021) Lembaga Penerbitan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bersama Fakultas Agama Islam  Universitas Nurul Jadid melaksanakan kegiatan Tips dan Trik Pengelolaan Manajemen Jurnal Sinta 2 dan Scopus yang dilaksanakan di ruang Microteaching FAI pada tanggal 15 November 2021.

Hadir sebagai narasumber Siti Mutrofin, M.Kom dari Universitas 17 Agustus Surabaya & Pengelola Jurnal Terindeks Scopus, serta 12 orang pengelola jurnal di lingkungan Universitas Nurul Jadid. Kegiatan ini merupakan serangkaian Pekan Riset yang dilaksanakan oleh LP3M UNUJA.

Kepala LP3M UNUJA, Achmad Fawaid, M.A., M.A., menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun untuk pengelola jurnal di UNUJA, untuk mengupgrade pengetahuan para pengelola tentang bagaimana melakukan pengelolaan manajemen jurnal yang baik di lingkungan UNUJA.

“UNUJA memilki jurnal yang bisa naik akreditasinya menjadi Sinta 2, bahkan Scopus. Oleh sebab itu kegiatan ini menjadi penting untuk mempersiapkan jurnal-jurnal UNUJA untuk melakukan akreditasi atau reakreditasi,” tutur Fawaid.

Sementara Siti Mutrofin, M.Kom, menjelaskan tentang sistem penilaian yang dilakukan oleh Arjuna (Akreditasi Jurnal Ilmiah) Kemenristek-BRIN untuk akreditasi pengelolaan jurnal, mulai dari penataan, keseuain dengan tema, hingga pada dampak pada dunia pendidikan. Selain melakukan simulasi penilaian akreditasi terhadap Jurnal Pedagogik, jurnal Prodi PGMI, Ibu Mutrofin juga memberikan praktik penilaian dan pendaftaran Jurnal Al-Tanzim, jurnal Prodi MPI, untuk Scopus.

Sejauh ini,  terdapat 19 jurnal di UNUJA. Di antaranya 2 jurnal terakreditasi Sinta3, 3 jurnal terakreditasi Sinta4, dan 4 jurnal terindeks DOAJ, sementara sisanya masih ISSN. Dengan pelatihan ini, kualitas jurnal di UNUJA diharapkan bisa meningkat dari hari ke hari. (TIM)

Sidebar Menu