LP3M UNUJA Targetkan 140 Luaran Buku Ajar Dosen di Tahun 2022

Kamis (15/03/2022) -Lembaga Penerbitan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Univeritas Nurul Jadid melaksanakan Sosialisasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata tahun 2022 bagi Dosen tetap Universitas, hadir pada kegiatan tersebut M. Noer Fadli Hidayat, M.Kom Wakil Rektor III Universitas Nurul Jadid, Achmad Fawaid, M.A., M.A., kepala LP3M sekaligus menjadi Narsumber pada kegiatan tersebut dan 140 Dosen Tetap.

Noer Fadli Hidayat, M.Kom dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan Kuliah Kerja Nyata tahun merupakan terobosan baru bagi dosen UNUJA, semula dosen diminta untuk memiliki luaran artikel penelitian dan PkM, akan tetapi pada tahun ini dosen diwajibkan melahirkan buku ajar yang sesuai dengan RPS pada masing-masing mata kuliah yang diampu oleh dosen.

Jika ini berjalan dengan baik dan dosen bisa menyelesaikan buku ajar, maka pada tahun 2022 ini  UNUJA akan memiliki luaran 140 buku ajar yang diterbitkan oleh dosen, ini pencapaian yang luara biasa dan tentu akan menguntungkan baik bagi Univeristas, Prodi maupun dosen yang bersangkutan. Tandasnya

Sementara itu, Achmad Fawaid menyampaikan bahwa KKN OBE adalah perkembangan lebih lanjut dari KKN tahun-tahun sebelumnya. Pada 2018, KKN mahasiswa terpisah dari penelitian dan pengabdian dosen. Tahun 2019 sampai 2020, KKN terintegrasi dengan pengabdian dosen. Kemudian di 2021, KKN terintegrasi dengan penelitian dan pengabdian dosen.

"Tahun 2022, kami berusaha melangkah lebih jauh: mengintegrasikan KKN dengan penelitian, pengabdian, dan pengajaran,” katanya. 

Ia menyatakan KKN Berbasis OBE berangkat dari persoalan utama, yakni tingginya statistik penelitian dan pengabdian dosen di Unuja, namun tidak diiringi dengan output pengajaran mereka.

Padahal, lanjutnya, kriteria sembilan akreditasi kini menuntut perguruan tinggi untuk memiliki output pengajaran-pembelajaran. Sehingga dibutuhkan program strategis agar sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Menurut Fawaid, ada dua hal yang membedakan KKN tahun ini dengan tahun sebelumnya. Yakni buku ajar dosen dan prosiding/book chapter mahasiswa.

“Tahun lalu, luaran KKN kami adalah artikel penelitian, artikel pengabdian, hak cipta, dan poster. Kini, hak cipta dan poster diganti jadi buku ajar dosen dan prosiding/book chapter mahasiswa,” terang Fawaid.

Akan tetapi, buku ajar ini bukanlah sembarang buku ajar. Ia harus sesuai dengan standar Kemenristekdikti dan sesuai dengan RPS mata kuliah.

Kebijakan ini sekaligus mendorong Prodi, mau tidak mau melakukan pemetaan dan perbaikan kurikulum mereka. Buku ajar yang dijadikan luaran KKN haruslah buku ajar sesuai ketentuan Kemendikbud RI, mulai dari sistematika hingga RPS mereka.

Kegiatan sosialisasi ini sekaligus LP3M melaunching Aplikasi E-Risbang (Riset, Abdinas & Publikasi Ilmiah Universitas Nurul Jadid), yang akan digunakan dalam manajemen pengelolaan penelitian dan pengabdian Universitas, baik dalam kontral mutu, reviewer dan pelayanan penelitian dan PkM. (TIM)

 

 

Sidebar Menu