LP3M Hadiri Monev Pendanaan Penelitian Kemenristekdikti, Persiapan Uji Petik BPK

Kamis (10/10/2019) - Lembaga Penerbitan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid menghadiri Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pendanaan Hibah Penelitian Kemenristekdikti tahun anggaran 2019 yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wil. VII di Aula Hasyim Asy'ari UNISMA Malang.

Kepala Subbagian Akademik LLDIKTI Wil. VII, Mayaastuti, di hadapan 52 perwakilan LPPM se-Jawa Timur menyampaikan bahwa kegiatan monev ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan bukti fisik pencairan dana dari kampus kepada para dosen penerima hibah yang nantinya diperlukan saat Uji Petik Badan Pemeriksa Keuangan Negara Republik Indonesia (BPK RI). "Mengingat LLDIKTI Wil. VII pada tahun 2018 lalu diberi penghargaan oleh Kemenristekdikti  sebagai LLDIKTI terbaik, maka kami berharap tidak terjadi temuan penyalahgunaan keuangan negara yang dilakukan oleh para penerima hibah di bawah LPPM di lingkungan kami," imbuhnya dalam sambutan di acara tersebut.

Pada kegiatan monev ini, seluruh LPPM diminta untuk menyerahkan kontrak penelitian dan bukti tandaterima keuangan antara LPPM dengan Penerima Hibah PDP tahun 2019. Setiap laporan disemi-audit oleh tim LLDIKTI Wil. VII dan diberi masukan-masukan untuk perbaikan ke depan. Pencairan dana harus mengikuti standar yang telah ditetapkan, antara lain bukti transfer, kwitansi bermaterai, Surat Perjanjian Mutlak, kontrak penelitian, dan berita acara penyerahan keuangan. Kegiatan ini berjalan dengan lancar karena masing-masing utusan LPPM dari berbagai universitas sudah menyiapkannya, termasuk LP3M Universitas Nurul Jadid. Untuk tahun anggaran 2019, jumlah proposal yang mendapat hibah kluster Penelitian Dosen Pemula di UNUJA berjumlah 20 proposal, meningkat drastis daripada tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 8 proposal.

Kepala LP3M UNUJA, Achmad Fawaid,  mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan ilmiah yang mendorong dosen agar melakukan penelitian dan PkM serta tertib administrasi mengikuti prosedur yang telah diatur oleh LLDIKTI. “Ke depan saya berharap pertisipasi penerima hibbah agar dapat melaksanakan seluruh tahapan-tahapan penelitian hingga luarannya tepat waktu,” harapnya usai kegiatan monev. [AZ]

Sidebar Menu