LP3M, Gelar Workshop Pengenalan Poster Pengabdian dan Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual

Sabtu (09/01/2021) - Pada tahun ini, LP3M Universitas Nurul Jadid menerapakn kebijakan KKN Berbasis Luaran Penelitian, Pengabdian, dan Publikasi Ilmiah Kolaborasi Dosen-Mahasiswa. Luaran yang wajib dihasilkan oleh kelompok ini adalah 1) artikel jurnal penelitian ISSN, 2) artikel jurnal pengabdian ISSN, 3) hak cipta artikel penelitian, dan 4) poster produk pengabdian.

Untuk memberi pemahaman teknis soal kriteria dan prosedur pembuatan poster pengabdian dan pendaftar hak cipta, LP3M mengadakan "Workshop Pengenalan Karakteristik Poster Pengabdian dan Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual." Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan-kegiatan LP3M guna menunjang efektivitas KKN tahun 2021 yang telah aktif dilaksanakan sejak bulan Januari hingga September 2021.

Sebagaimana diketahui, membuat poster memang tidak semudah yang dibayangkan, karena ia menggabungkan antara aspek pengemasan konten, aspek visualitas, dan aspek estetika. Begitu pula, ada beberapa prosedur yang harus dipahami oleh kelompok dosen-mahasiswa untuk bisa memperoleh sertifikat hak cipta.

Kegiatan ini dilaksanakan via Zoom meeting, pada tanggal 09 Januari 2021 yang dipimpin langsung oleh Achmad Fawaid, M.A., M.A., selaku kepala LP3M UNUJA sekaligus fasilitator kegiatan tersebut dan dihadiri oleh seluruh koordinaror kelompok KKN.

Achmad Fawaid menyampaikan bahwa membuat poster tidak sesederhana yang dibayangkan, karena dengan poster yang hanya satu halaman itu harus mengabarkan kegiatan Pengabdian kita selama 10 bulan yang kita laksanakan, tentu butuh kemampuan menggambungkan aspek pengemasan konten, aspek visualitas, dan aspek estetika.

Luaran dalam bentuk poster dan Hak Cipta termasuk luaran yang bisa terhitung dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi Kemenristek BRIN. "Oleh sebab itu, seluruh peserta KKN diharapkan benar-benar serius dalam buat poster, minimal kriteria-kriteria pembuatan poster harus ada pada poster yang dibuat oleh teman-teman sekalian," paparnya (Edy)

Sidebar Menu