LP3M adakan pelatihan video dokumenter persiapan laporan Akhir KKN-PkM.

Kamis (17/10/2019), Lembaga Penerbitan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan video dokumenter bagi mahasiwa peserta Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian kepada Masyarakat (KKN-PkM) tahun 2019.
Kegiatan yang dilaksankan di Aula Mini Unieversitas Nurul Jadid tersebut, dibuka langsung oleh LP3M Achmad Fawaid. Dalam sambutannya di hadapan perwakilan masing-masing kelompok KKN-PKM, Kepala LP3M menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan pembuatan video dokumenter. “pelatihan ini bertujuan agar peserta mengerti tentang dasar-dasar pembuat dan teknik editing video dokumenter, sehingga dalam proses pembuat video dokumenter yang menjadi bagian dari empat laporan KKN-PkM bisa maksimal, dan menarik untuk dilihat oleh masyarakat luas,” tegasnya. Fawaid menambahan bahwa semua hasil karya video dokumentar semua posko akan di upload di yutube LP3M, seperti yang sudah dilakukan pada kegiatan KKN-PkM tahun sebelumnya.
Untuk menjawab harapan kepala LP3M, Achmad Faqiatus Sholeh selaku instruktur kegiatan menyampaikan bahwa editing vedeo itu hanya mengunakan tiga prinsip yakni memotong, menggabungkan dan memberi transisi jika perlu, kesulitannya adalah bagaimana menumbuhkan ide kreatif dalam membuat video. Ketiga prinsip tersebut diselesaikan secara bertahap dalam kegiatan pelatihan yang berlangsung sekurang-kurangnya tiga jam.
Para peserta menyambut positif kegiatan pelatihan tersebut, karena bagi kebanyakan dari mereka teknik memotong, menggabungkan, dan memberi transisi, memerlukan bimbingan ahli. “Alhamdulillah dengan mengikuti kegiatan ini, saya dapat  memahami bagaimana membuat vedeo dokumenter yang menarik untuk kegiatan KKN-PkM saya, tinggal begaimana mencari ide cerita yang akan kita tampilkan nantinya,” ungkap Nia Hafidatur perwakilan kelompok Desa Alaspandan Kecamatan Pakuniran. (Az)

Sidebar Menu