Kontrol Proses KKN-PkM, Tim Reviewer Uji Kualitas Laporan Kemajuan

Sabtu (05/10/2019) - Dalam rangka meningkatkan kualitas kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diintegrasikan dengan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Dosen, Lembaga Penerbitan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, melaksanakan review Progress report pelaksanaan KKN-PKM tahun 2019.

Sejumlah 53 kelompok KKN-PKM diminta menyerahkan progress report kegiatannya yang sudah berjalan selama 2 bulan. Selain itu, masing-masing kelompok yang diwakili 3 orang juga diminta mempresentasikannya dihadapan reviewer. Sebanyak 6 reviewer yang ditugaskan LP3M untuk memberikan kritik dan saran terhadap kegiatan KKN-PKM yang sudah dan akan dilaksanakan. Menariknya, reviewer progress report KKN-PKM kali ini sebagian mendatangkan dari instansi pemerintah, yaitu Juwono P. Utomo, Kabid Infrastruktur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kab. Probolinggo dan Mistria Harmonis, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar P3MD Kemendes PDTT Kab. Probolinggo.

Kedua reviewer dari instansi pemerintah yang ditugaskan dalam ruangan yang sama di Aula Mini Universitas Nurul Jadid tersebut, sangat mengapresiasi pengelolaan dan iklim pengabdian di Universitas Nurul Jadid yang mampu menghasilkan gegasan-gagasan segar, baru, dan unik, meski terdapat kekurangan dalam pembuatan penulisan laporannya. “Nanti pada saat laporan akhir, naskah laporan akhinya harus lebih bagus dan mampu membuat pembaca yakin dan percaya bahwa kegiatan ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat, ungkap Juwono dihadapan 15 kelompok KKN-PKM yang direviewnya.

Sementara di ruang yang lain, reviewer Muhammad Al-Fayyadl dosen Universitas Nurul Jadid yang juga konsen dalam gerakan Daulat Sumber Daya Alam nampak antusias dan banyak memberikan masukan kepada para perwakilan kelompok untuk meningkatkan keterlibatan mitra sebanyak-banyaknya, agar kegiatan KKN-PKM benar-benar digagas, dilaksanakan, dan dirasakan oleh masyarakat.

Bagi peserta KKN-PKM, pelaksanaan review laporan akhir yang pertama kali dilakukan mengikuti konsep baru KKN, dinilai baik dan menunjukkan keseriusan pengelolaan KKN-PKM. Penilaian ini berbanding lurus dengan ketertiban peserta KKN-PKM dalam mengikuti rencana kegiatan dan jadwal pengelolaan kegiatan KKN. Mayoritas kelompok KKN-PKM dapat menyelesaikan pembuatan progress report dan mempresentasikannya sesuai ketentuan-ketentuan LP3M.

Melihat keseriusan reviewer dalam memberikan penilaian, kritik, dan saran kepada para peserta KKN-PKM ditambah respon peserta yang baik, Achmad Fawaid kepala LP3M UNUJA yang juga menjadi reviewer di Wisma Dosen mendampingi Noer Fadli Hidayat, Warek 3 sangat mengapresiasi karena sesuai dengan yang diharapkan. “Besar harapan para reviwer memberikan komentar untuk perbaikan kepada peserta KKN-PkM, sehingga proses kegiatan KKN-PkM berjalan susuai dengan rencana pengembangan PkM Universitas Nurul Jadid,” ungkapnya. (AZ)

Sidebar Menu