KKN Berbasis Luaran, LP3M Laksanakan Pelatihan Publikasi Artikel Jurnal Elektronik

Kamis (07/01/2021) - Lembaga Penerbitan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, mengadakan kegiatan Pelatihan Dasar-Dasar Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah Elektronik bagi mahasiswa dan dosen di lingkungan Universitas Nurul Jadid, kegiatan ini dilaksanakan secara daring via zoom meeting pada Kamis, 07 Januari 2021.

Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 100 peserta ini menghadirkan narasumber Dr. H. Hasan Baharun, M.Pd.I. Dekan Fakultas Agama Islam UNUJA dan Reviewer ARJUNU LPTNU Jatim, dan dipandu oleh Ismail Marzuki, M.H, Kabid. Penerbitan LP3M UNUJA dan  Direktur Pustaka Nurja.

Achmad Fawaid, M.A.,M.A, selaku kepala LP3M menyampaikan dalam sambutanya, bahwa kegiatan ini bertujuan dalam rangka memberikan bekal dan pengetahuan terkait dengan publikasi artikel jurnal ilmiah elektronik, baik bagi dosen maupun mahasiwa yang akan melaksanakan kegiatan KKN.

Menurutnya, KKN tahun 2021 mengambil tema KKN  berbasis luaran penelitian,  pengabdian dan publikasi ilmiah. Diharapkan nanti pada akhir pelaksanaan kegiatan KKN ini semua dosen tetap sudah memiliki luaran dalam bentuk artikel jurnal minimal jurnal ISSN.

Oleh sebab itu, menjadi penting kegiatan ini untuk segera dilakukan guna memberikan pengantar tentang bagaimana mencari dan memilih jurnal ilmiah yang sesuai dengan karakter artikel masing-masing penulis,  konten penulisan artikel jurnal, hingga submittion naskah pada jurnal yang ingin dituju, mengingat masih banyak diantara civitas akademik Universitas Nurul Jadid, baik dosen maupun mahasiwa yang belum mengetahui tentang proses publikasi pada sebuah jurnal ilmiah.

Sementara itu, Dr. H. Hasan Baharun, M.Pd. dalam materinya mengawali hal-hal etis yang penting untuk diketahui bagi penulis dalam berkomunikasi dengan pengelola jurnal, dilanjutkan dengan seputar hal teknis dan mendasar tentang  publikasi artikel jurnal secara umum, hingga pada tips-tips agar tulisan kita bisa diaccepted oleh pengelola jurnal.

Menututnya, langkah yang harus dilakukan pertama adalah mencari jurnal mana yang akan dituju, kemudian memahami karakter, template masing-masing jurnal, hingga kepada sistematika penulisan (konten naskah) dalam jurnal ilmiah. “Akan tetapi penting bagi penulis untuk mempersiapkan google scholar sebagai alat bantu pengelola untuk mengetahui rekam jejak publikasi penulis,” paparnya.

Besar harapan kegiatan ini agar menjadi pemicu semangat sikap aktif seluruh civitas akademika Universitas Nurul Jadid untuk meningkatkan produktivitasnya dalam menulis artikel jurnal baik di bidang penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah elektronik. [edy]

Sidebar Menu