Jalin Kerjasama dengan Desa Clarak, LP3M Rencanakan Rintis Sistem Informasi Desa Terpadu

Senin (02/03/2020) - Lembaga Penerbitan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid melakukan kunjungan balasan ke Desa Clarak Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Desa (Kades) Clarak dan seluruh perangkatnya, antara lain Kaur Pembangunan, Kaur Keuangan, Kaur Pemerintahan, Kadus Krajan, Bumdes, dan lain-lain.

Dalam kunjungan singkat tersebut, Kepala Desa Clarak Imam Hidayat memaparkan harapan para perangkat desa tentang sistem informasi desa terpadu, khusunya tentang monografi desa. “Selama ini monografi desa selain masih manual juga tidak pernah diupdate data-datanya, sehingga jika perangkat-perangkat ditanya data-data keluarga miskin, jumlah penduduk lulus SD, SMP dan seterusnya bisa menyampaikan dengan jumlah yang berbeda-beda,” ungkap Imam Hidayat yang baru dilantik pada tanggal 16 Desember 2019 yang lalu bersama 10 kades lainnya. Sebagai kades baru, Imam juga menyampaikan salah satu Rencana Pembangunan Desa Clarak di bidang wisata untuk memanfaatkan lokasi exit toll.

Selanjutnya, Kepala LP3M Universitas Nurul Jadid Achmad Fawaid menyambut positif rencana Pembangunan Desa Clarak, khusunya yang dianggap paling mendesak adalah pembuatan monografi desa secara online.  “InsyaAllah dalam urusan pembuatan monografi Desa Clarak, LP3M Universitas Nurul Jadid dapat berpartisipasi dengan mengirimkan tim khusus yang terdiri dari beberapa dosen dan mahasiswa yang memiliki keahlian di bidang informasi dan tekhnologi (IT) dalam rangka melakukan pengabdian kepada masyarakat,” ungkapnya. Selain itu, Fawaid bahkan memberI ruang adanya potensi Desa Clarak sebagai pusat penelitian dan pengabdian dosen dan mahasiswa apabila menjadi desa mitra.

Menanggapi responS LP3M, Kepala Desa Clarak siap melibatkan perangkat-perangkatnya untuk mengadakan pertemuan-pertemuan lanjutan untuk berbicara lebih teknis tentang pembuatan monografi desa, termasuk penyusunan draft Memorandum of Understanding (MoU) antara Desa Clarak dengan LP3M Universitas Nurul Jadid agar menjadi desa mitra. “Silahkan nanti berbicara dengan Arief Hidayat selaku Koordinator TIM pengembangan inovasi desa yang ahli membicaran teknis-teknisnya, urusan dengan saya nanti tinggal berapa anggarannya,” tegasnya. [NH]

Sidebar Menu