Jaga Kualitas Proposal, LP3M Laksanakan Review Internal

Senin (26/10/20) setelah kegiatan Pendampingan dan Pelatihan Strategi Penulisan Proposal Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kemenristek-Brin dilaksanakan usulan tahun 2020 pelaksanaan tahun 2021 sukses dilaksanakan sehari sebelumnya, hari ini Lembaga Penerbitan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid melaksanakan kegiatan lanjutan yaitu Review Internal Proposal Penelitian dan Pengabdian yang sudah diunggah di Simlitabmas.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Dosen Universitas Nurul Jadid, terdapat 20 proposal yang direview. Dari jumlah tersebut, terdapat 1 proposal penelitian dan 19 proposal pengabdian skema PKM. Sesuai klaster Universitas Nurul Jadid yang menempati Madya di bidang penelitian dan Memuaskan di bidang pengabdian, maka skema Penelitian dan Pengabdian yang bisa diakses juga semakin tinggi. Pada tahun anggaran 2021 hanya 2 skema yang bisa diakses yakni Program Kemitraan Mayarakat (PKM) dan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS). Sementara Universitas Nurul Jadid dengan klaster memuaskan di bidang pengabdian hanya bisa mengakses skema PKM.

Dalam kegaitan yang dihadiri oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LP3M, 2 Reviewer dan sejumlah pengusul, berjalan cukup efektif karena masing-masing pengusul langsung mendapatkan bimbingan dari reviewer yang tidak lain masih teman kerjanya. Hal ini sesuai dengan yang diharapkan Nurul Huda sebagai Kepala Bidang peelitian dan Pengbdian kepada masyarakat. Dalam sambutannya dia menyampaikan bahwa review diharapakan dapat meminimalisasi kegagalan proposal akibat kurangnya persyaratan. “penentuan bapak Sulistiyanto dan M. Syaiih sebagai reviewer didasarkan pada reputasi beliau yang sudah sering mendapatkan dana hibah, kita berharap beliau dapat menularkan pengalamannya kepada dosen yang lain,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kepala LP3M Achmad Fawaid menyampaikan, bahwa kegiatan review internal sangat penting untuk meningkatkan kualitas penulisan proposal agar sesuai dengan yang diharapak oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM). “dalam penulisan proposal PKM, kegiatan review sangat penting mengingat banyak dosen yang belum pengalaman menyusun proposal yang cukup menyulitkan bagi yang belum berpengalaman,” tegasnya. “semoga kegiatan review kali ini dapat membantu dosen mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut,” tambahnya. (NH)

Sidebar Menu