DRPD Bondowoso Gandeng UNUJA Garap Naskah Akademik dan Raperda Inisiatif Penyelenggaraan Pesantren

Kamis (14/10/2021) Setelah disahkannya Peraturan Pesantren (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bondowoso langsung bergerak cepat menggandeng Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo menggarap Naskah Akademik dan Raperda Inisiatif Penyelenggaraan Pesantren.

Kerjasama Penyusunan Naskah Akademik dan Raperda Inisiatif tersebut dilaksanakan di Wisma Dosen UNUJA siang tadi (14/10/2021). H. Achmad Fauzi, S.H., Kabag Rapat dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Kab. Bondowoso, mewakili Ketua DPRD Kab. Bondowoso menandatangani dokumen kerjasama dengan kampus pesantren ini.

“Dari 5 Raperda yang digarap, UNUJA dipilih untuk menggarap bagian penyelenggaraan pesantren, karena kampus ini termasuk kampus yang berbasis pesantren,” kata Bapak Fauzi.

LP3M UNUJA menggodok draft Naskah Akademik dan Raperda Inisiatif tersebut bersama dengan Tim Ahli DPRD Bondowoso dan Pukat Kajian Pesantren UNUJA. Raperda dan naskah akademik dibutuhkan sebagai justifikasi legal dan teoretik bagi upaya pemerintah daerah dalam memberi jaminan fasilitasi penyelenggaraan fungsi pesantren sebagai lembaga pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat.

Menurut Achmad Fawaid, Kepala LP3M Universitas Nurul Jadid, tujuan utama dari keterlibatan kampus UNUJA dalam penyusunan Naskah Akademik dan Raperda ini tak lain sebagai bentuk partisipasi kampus ini bagi masyarakat secara luas.

“Poin utamanya adalah soal kontribusi kita bagi masyarakat, khususnya pesantren. Amanah Rektor pada kami jelas, UNUJA harus bisa bermanfaat sebanyak-banyaknya bagi umat, melalui jalur apapun, termasuk pendidikan, politik, dan hukum,” kata Fawaid selesai acara penandatanganan MoU.

Kerjasama ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan penyamaan persepsi, Focus Group Discussion (FGD), dan public hearing untuk memastikan Naskah Akademik dan Raperda ini bisa disosialisasikan dengan baik kepada publik secara luas. (TIM)

Sidebar Menu