Alumni UNUJA Siap Menerbitkan Buku Ajar Secara Mandiri

Minggu (24/03/2019) - Universitas Nurul Jadid (UNUJA) untuk kesekian kalinya kembali melaksanakan program yang terkait dengan upaya menumbuhkan budaya literasi. Bedanya, hari ini sasarannya bukan dari internal perguruan tinggi, melainkan seluruh alumni UNUJA, baik yang masih berstatus sebagai mahasiswa pasca di perguruan tinggi lain maupun yang sudah berprofesi sebagai guru. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Ikatan Alumni (IKA) UNUJA dengan Pustaka Nurja.

Program kegiatan bertemakan “Pelatihan Penulisan & Penerbitan Buku Ajar SLTA” yang diselenggarakan di Aula Mini Universitas Nurul Jadid tersebut menghadirkan Achmad Fawaid, M.A., M.A selaku Kepala Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) UNUJA sekaligus narasumber pada acara dimaksud. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua IKA UNUJA Abdul Aziz, M.Kom dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Moh. Noer Fadli Hidayat, M.Kom.

Dalam sambutannya, Moh. Noer Fadli Hidayat, M.Kom menyampaikan bahwa maksud dari diadakannya program ini adalah untuk membantu para alumni agar lebih produktif dalam membuat naskah ilmiah, utamanya yang terkait dengan buku ajar tingkat sekolah. Bagi alumni yang masih mengalami kesulitan namun tetap semangat untuk menulis, khususnya buku ajar bisa langsung berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak UNUJA, karena UNUJA siap melakukan pendampingan secara intensif di tempat alumni mengabdi. Hal ini membuktikan bahwa UNUJA terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya kepada para alumni.

Selain itu, Abdul Aziz, M.Kom menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu agenda penting dari wadah alumni bernama IKA UNUJA untuk membantu alumni dalam meningkatkan profesionalitas dan produktivitasnya dalam menulis, utamanya dalam membuat buku ajar, mengingat masih banyak akademisi yang belum bisa menyusun kalimat atau tata bahasa yang baik. Maka diharapkan adanya kegiatan ini dapat menyelesaikan persoalan-persoalan dasar dalam dunia penulisan.

Oleh karena itu, "Untuk menjadi penulis yang baik, maka masalah-masalah yang terkait dengan penulisan tata bahasa menjadi hal mutlak yang wajib diketahui dan dipahami betul oleh seorang penulis," pungkas Achmad Fawaid, M.A., M.A disela-sela penyampaian materinya. [IM]

Sidebar Menu